Web Developer : Job Desk, skill, dan Gaji yang mungkin menarik untukmu

Web Developer merupakan pekerjaan yang sangat dibutuhkan saat ini. Banyak perusahaan membutuhkan seorang Web Developer untuk mengembangkan Website perusahaan tersebut.

Ichlas Firmansyah

Selasa, 8 Juni 2021, 2 tahun yang lalu

Web Developer : Job Desk, skill, dan Gaji yang mungkin menarik untukmu

Pernah mendengar pekerjaan Web Developer? Kamu tau gak sih apa saja job desk, skill yang dibutuhkan? Berapa kisaran gaji yang bisa didapatkan seorang Web Developer? Dan kira kira apa ya alasan saat ini Web Developer menjadi salah satu pekerjaan yang diminati.

Apa itu Web Developer

Web developer atau dalam bahasa indonesia nya Pengembang Web adalah pekerjaan yang memiliki peran dalam hal pengembangan web untuk merancang, membuat dan juga menjaga sebuah web ataupun aplikasi web, secara singkat Web Developer dapat diartikan sebagai pihak yang membuat dan mengembangkan sebuah website.

Tujuan dari seorang Web Developer adalah menciptakan sebuah website dan aplikasi yang mampu memberikan kemudahan bagi calon konsumen klien, dengan website yang efisien, konsisten, dan memberikan kepuasan kepada konsumen.

Perusahaan biasanya merekrut pekerja dengan background lulusan IT, namun tidak menutup kemungkinan untuk lulusan jurusan lain bisa direkrut sebagai seorang Web Developer mengingat saat ini sudah banyak course, bootcamp atau mentorship yang mengajarkan berbagai skill seperti Web Developer.

Perbedaan jenis pekerjaan dan tugas seorang Web Developer

Seorang web developer dibagi menjadi tiga perbedaan berdasarkan pekerjaan dan tugas nya. Apa saja perbedaan dari pekerjaan dan tugas tersebut?

1. Front End Developer

Seorang Front End Developer memiliki tugas pengembangan website pada bagian depan sebuah website atau bisa dibilang Front End Developer ini bertanggung jawab atas desain dan interface dari sisi user pada sebuah website.

Untuk menjadi seorang Front End Developer perlu bahkan wajib untuk mengerti bahasa pemrograman seperti HTML, CSS, dan Javascript

2. Back End Developer

Selanjutnya untuk Back End Developer memiliki tugas di bagian dalam sebuah website seperti database, server dan aplikasi. Seorang Back End Developer memiliki tanggung jawab form pendaftaran pengguna, penyimpanan data website, dan lain lain.

Sama seperti Front End Developer, Back End Developer pun wajib memahami bahasa pemrograman seperti PHP, Phyton, NodeJS, SQL, Ruby, dan lain lain.

3. Full Stack Developer

Untuk Full Stack Developer perlu menguasai keduanya baik dari Front End maupun Back End, karena seorang Full Stack Developer memiliki tugas dan tanggung jawab pada bagian luar dan dalam sebuah website.

Kisaran Gaji seorang Web Developer

Demand yang semakin meningkat terhadap pekerjaan ini dan semakin banyaknya perusahaan yang mulai masuk ke dunia digital dalam pengoperasian bisnis nya, Web Developer dapat dikatakan pekerjaan dengan gaji yang lumayan besar, mengingat pekerjaannya yang cukup sulit, berdasarkan sumber website neuvoo, pekerjaan ini memiliki gaji dengan kisaran Rp 6.000.000 sampai Rp 10.200.000.

Jika dilihat dari peluang pekerjaan yang luas dengan tenaga kerja yang masih sedikit bisa dan tawaran gaji yang cukup besar dapat dikatakan bahwa hal tersebut menjadi daya tarik utama alasan mengapa banyak orang yang berminat untuk menjadi Web Developer.

Jika kamu berminat untuk menjadi seorang Web Developer yuk daftar di Eduwork.id. Eduwork.id adalah platform yang memungkinkan kamu mendapatkan pekerjaan idaman dengan cara dibimbing oleh mentor yang akan menjadi teman seperjuangan dalam belajar dan berkarir. Disini akan dilatih berbagai skill yang dibutuhkan dalam dunia kerja saat ini seperti skill yang dibutuhkan untuk menjadi seorang Web Developer.

Yuk tunggu apalagi? Daftar segera di website eduwork.id atau bisa kunjungi instagram @eduwork.id untuk informasi lebih lanjut, kami tunggu!