Tips dan Trik : Strategi Lolos Mendapatkan Pekerjaan Secara Online 

Pandemi Covid-19 telah membawa perubahan yang signifikan bagi kehidupan masyarakat, mulai dari kesehatan, sosial dan ketenagakerjaan. 

Shania Bunga Amalia

Selasa, 20 April 2021, 7 bulan yang lalu

Tips dan Trik : Strategi Lolos Mendapatkan Pekerjaan Secara Online 

Pandemi Covid-19 telah membawa perubahan yang signifikan bagi kehidupan masyarakat, mulai dari kesehatan, sosial dan ketenagakerjaan. Dalam dunia kerja, para pencari kerja dan perusahaan harus bisa beradaptasi dengan situasi saat ini yang mengharuskan semua serba online.Oleh karena itu, Eduwork akan memberikan tips dan trik yang dapat membantu kamu menyusun strategi agar bisa lolos pada saat interview kerja untuk mendapatkan kerja sesuai dengan impian.

Rekrutmen kerja secara online

Bagi pelamar kerja harus mempersiapkan dokumen persyaratan pendukung sebagai kebutuhan melamar kerja. Simak dokumen berkas lamaran kerja yang harus dipersiapkan saat melamar pekerjaan yang telah dirangkum dari berbagai sumber di bawah ini.

  • Surat Lamaran Kerja 

Surat lamaran kerja biasanya memaparkan tentang maksud dan tujuan serta informasi mengenai identitas diri pada saat melamar kerja yang ditujukan untuk perusahaan.

  • CV (Riwayat Hidup)

Selain surat lamaran pekerjaan, daftar riwayat hidup juga sangat penting yang berisikan informasi mengenai calon pelamar. Daftar riwayat hidup berisikan informasi pribadi seperti identitas diri, pengalaman, pendidikan serta skill yang dimiliki.

  • Portfolio

Portofolio merupakan kumpulan dokumen hasil karya sebagai dokumentasi aktivitas atau kegiatan seseorang. Portofolio dapat menjadi acuan HR untuk mempertimbangkan pelamar kerja.

  • Pas Foto Terbaru

Berkas lamaran kerja memerlukan pas foto terbaru, maka pelamar harus mempunyai stok pas foto terbaru ataupun file foto dengan resolusi yang baik.

  • Fotokopi Ijazah

Ijazah digunakan untuk bukti keabsahan riwayat pendidikan seseorang, pastikan sudah dilegalisir oleh pihak  terkait sebagai bukti sah yang diakui.

  • Fotokopi KTP dan Kartu Keluarga

Berkas fotokopi KTP dan Kartu Keluarga ini harus dipersiapkan untuk mendukung identitas diri

  • Sertifikat/Piagam Penghargaan

Dokumen pendukung lain yang tak kalah penting dan menjadi nilai plus agar diperhatikan oleh HR adalah mempunyai sertifikat atau piagam penghargaan. Salah satu contohnya adalah sertifikat bahasa Inggris (TOEFL), dll. 

  • Surat Keterangan Catatan Kepolisian(SKCK)

Ada beberapa perusahaan yang mengharuskan pelamar menyertakan Surat Keterangan Catatan Kepolisian, jadi sebaiknya sebagai pelamar pekerjaan harus mempersiapkan SKCK untuk mengantisipasi kebutuhan pada saat melamar kerja

  • Fotokopi surat pengalaman kerja

Bagi kamu yang sudah mempunyai pengalaman kerja sebaiknya menyiapkan surat lamaran kerja atau rekomendasi dari surat pengalaman kerja sebelumnya.

Dokumen diatas menjadi kelengkapan pendukung yang perlu diperhatikan. Melengkapi berkas lamaran merupakan salah satu awal untuk mendapatkan pekerjaan. Berkas lamaran yang lengkap dan akan memudahkan tim HR untuk melakukan seleksi pencari kerja. Selain itu,  pencari kerja juga harus memahami persyaratan yang diajukan perusahaan untuk pekerjaan tersebut. 

 

Pada gambar diatas dapat dilihat hasil persentase dokumen yang dinilai oleh HRD pada saat mereview dokumen pencari kerja menurut situs tips dan pengembangan karier Zety. disini telah tertera bobot yang paling banyak diperhatikan oleh seorang HRD merupakan pengalaman dari seorang pencari kerja.

Berikut juga dilampirkan hal yang membuat dokumen lamaran tidak diterima oleh HRD. Banyak para kandidat yang tidak begitu memperhatikan yang berakibat lamaran ditolak.

Berdasarkan wawancara dengan HRD profesional Christoforus Ryan, Deisy Handayani dan Jhon Christori, yang paling penting dalam melamar pekerjaan adalah  : 

Skill yang dibuktikan dengan portofolio dapat menjadi referensi untuk perusahaan dalam menilai kandidat, portofolio yang berupa kumpulan hasil karya dan pencapaian saat ini dapat menjadi nilai tambahan untuk menaikkan branding kandidat. CV yang lengkap dan mudah dibaca oleh HRD juga menentukan awal HRD untuk menilai profil kandidat pencari kerja. 

 

Dokumen Lamaran Kerja

Saat ini pelamar dapat mengirim berkas-berkas lamaran kerja ke alamat email, namun masih banyak pelamar kerja yang belum memperhatikan etika dan cara mengirim lamaran lewat email dengan baik. Berikut hal yang harus diperhatikan sebelum mengirimkan berkas lamaran secara online lewat email: 

Membuat CV yang benar

Sebelum mengirimkan berkas dokumen kepada perusahaan, pelamar kerja harus memperhatikan dokumen yang dikirim. Seperti membuat CV yang dapat menarik perhatian HRD. Berikut merupakan contoh CV yang bisa dijadikan acuan untuk membuat CV yang baik. 

Interview Kerja

Interview kerja merupakan tahapan rekrutmen yang biasanya dilakukan perusahaan untuk menilai langsung kandidat. Tahapan ini merupakan tahapan untuk menentukan kandidat pantas mendapatkan posisi tersebut atau tidak. Agar interview berjalan dengan lancar, ada beberapa hal yang harus diperhatikan  pelamar kerja pada saat interview. Diantaranya yaitu: 

 

Prediksi Pertanyaan Interview

Pada saat interview kerja, pelamar akan berinteraksi langsung dengan HRD. Pada tahap ini HRD akan menanyakan beberapa hal yang akan menentukan nilai dari pelamar. Untuk menambah wawasan pertanyaan dalam interview kerja, berikut ini merupakan prediksi pertanyaan dari recruiter yang biasa diajukan oleh HRD .

Sumber: situs duniakaryawan.com

  1. Ceritakan tentang diri anda ?
  2. Apa kelebihan dan kekurangan anda ?
  3. Mengapa anda tertarik bekerja disini ?
  4. Apa yang anda ketahui tentang perusahaan ini ?
  5. Apa yang akan anda lakukan 5 tahun mendatang ?
  6. Apa capaian tertinggi anda selama ini ?
  7. Mengapa kami harus memilih kamu ?
  8. Berapa gaji yang anda inginkan ?
  9. Bagaimana cara menghandle tekanan yang disebabkan pekerjaan?
  10. Cara mengatasi permasalahan (berdasarkan studi kasus)

Demikian tips dan trik agar lolos interview dan mendapatkan pekerjaan. Kamu bisa gabung dengan Eduwork untuk mendapatkan pekerjaan atau mengikuti pelatihan secara eksklusif dari mentor yang sudah berpengalaman, tidak hanya itu saja Eduwork juga menyediakan program ISA dengan mengikuti pelatihan dahulu lalu bayar setelah mendapatkan pekerjaan. Sangat membantu bukan? Buruan gabung dengan Eduwork.