Panduan Efektif dalam Wawancara: 4 Tips Sukses untuk Wawancara Kerja

Wawancara kerja adalah salah satu langkah untuk mendapatkan pekerjaan.

Unamed

Selasa, 20 April 2021, 7 bulan yang lalu

Panduan Efektif dalam Wawancara: 4 Tips Sukses untuk Wawancara Kerja

Wawancara kerja adalah salah satu langkah untuk mendapatkan pekerjaan. Sesi wawancara adalah hal yang penting dalam proses seleksi pegawai di samping sesi penyeleksian administrasi dan tes tulis mengingat tidak sedikit orang yang gugur dalam proses ini. Wawancara kerja membutuhkan kesan pertama yang baik dari segi penampilan maupun pengetahuan mengenai perusahaan dan produk sehingga para recruiter akan tertarik.

Mengingat pentingnya tahap seleksi wawancara untuk masuk dalam sebuah perusahaan, Eduwork.id akan membagikan tips sukses dalam wawancara kerja. Berdasarkan themuse.com terdapat setidaknya empat hal utama penting yang hendaknya diperhatikan ketika melakukan sesi wawancara. Berikut adalah tips dalam wawancara kerja:

1. Ketahui Audiens 

Mengetahui background perusahaan, termasuk audiens, ketika wawancara kerja adalah hal yang penting yang dapat dicari tahu melalui banyak sumber. Bertanya atau bertukar pikiran dengan teman, membaca berita, dan melakukan riset melalui google dapat dilakukan. selain itu cara lainnya dapat menggunakan produk atau jasa yang dijual perusahaan tersebut agar mengetahui nilai atau value dari perusahaan. Hal tersebut akan membantu untuk mengetahui lebih banyak gambaran mengenai perusahaan. 

Langkah selanjutnya adalah cari tahu “siapa” perusahaan itu dan bagaimana kriteria pegawai yang diterima. Sesuaikan diri dengan kriteria yang diminta oleh perusahaan. Mencari tahu “siapa” perusahaan itu dapat dilakukan dengan cara melakukan riset pada facebook dan linkedin untuk mendapat informasi-informasi mengenai perusahaan dan siapa saja orang yang sukses di perusahaan tersebut beserta dengan kriterianya. Selain itu juga dapat menghubungi orang yang lain dalam perusahaan kenal atau orang yang dianggap dapat memberi informasi lebih dalam mengenai perusahaan. 

Langkah terakhir adalah pahami bahwa lain perusahaan, lain pula tipe wawancaranya. Jadi, pahami posisi perusahaan yang akan dimasuki. Ada perusahaan yang akan bertanya seputar pertanyaan asah otak atau logika, ada pula perusahaan yang mempunyai tipe pertanyaan seputar kepemimpinan, dan hal lainnya. Melihat hal tersebut, hendaknya dapat dilakukan dengan bertanya kepada recruiter atau HR tentang format wawancara. Selain itu juga harus banyak berlatih membiasakan diri dengan berbagai model wawancara agar terlihat lebih menarik. 

2. Antisipasi Pertanyaan dalam Wawancara 

Sebelum wawancara, penting bagi untuk meluangkan waktu untuk memikirkan dengan hati-hati dan teliti mengenai keterampilan, pencapaian, dan jawaban yang paling sesuai dengan pewawancara. Carilah jawaban menarik dengan menggunakan pengalaman yang relevan. Sampaikan jawaban dengan percaya diri  dan olahlah penyampaiannya dengan bahasa yang baik sehingga tidak terkesan sangat membanggakan diri dan memandang rendah orang lain.

Ketika menyiapkan jawaban untuk pertanyaan-pertanyaan yang mungkin keluar, janganlah menyiapkannya dengan menulis seluruh jawaban. Buatlah poin-poin penting saja, jangan menghafal, dan kembangkan poin-poin yang telah disiapkan untuk menjawab pertanyaan. Dengan begitu, akan meminimalkan rasa grogi dan blank karena konsep sudah tertanam.

Siapkan pertanyaan cerdas dan menarik untuk berjaga-jaga ketika pewawancara memberi kesempatan untuk bertanya. Pastikan pertanyaan dapat membuat pewawancara yakin. Jawablah pertanyaan sesuai dengan hasil riset mengenai perusahaan.  Hal ini dapat menjadi nilai plus untuk. 

3. Siapkan Pakaian yang Sesuai

Siapkan pakaian terbaik yang pastinya sesuai dengan pakaian kerja. Perusahaan akan melihat penampilan pertama dan menjadikannya sebagai  first impression. Pakaian yang digunakan tidak perlu yang mewah dan mahal. Hanya saja, harus sesuai dengan ketentuan perusahaan. Pastikan pakaian yang digunakan adalah pakaian yang bersih, rapi, dan sesuai. Alangkah bagus apabila dapat menyesuaikan dengan trend yang ada. Jangan lupa dengan hal-hal kecil, seperti menyiapkan sepatu bersih, mengecek kembali pakaian dan memastikannya tidak lusuh, serta tidur yang cukup sebelum wawancara agar tidak tampak lelah. Siapkan juga beberapa salinan resume yang sudah diprint untuk berjaga-jaga apabila pihak pewawancara menanyakannya. Siapkan segala hal untuk hari H dari hari sebelumnya sehingga tidak terburu-buru dan akan tampil dengan maksimal. 

4. Persiapakan dan Tenangkan Diri 

Persiapan untuk menghadapi wawancara memang cukup panjang. Maka dari itu pastikan telah menyiapkan dari jauh hari sehingga hasilnya akan maksimal. Jaga kesehatan agar dapat berpikir dengan maksimal ketika hari wawancara kerja tiba. Pastikan telah siap menghadapi dan menjawab pertanyaan wawancara.

Ketika wawancara dan dirasa membutuhkan waktu lebih untuk menjawab, dapat diakali dengan mengatakan “Terima kasih atas pertanyaannya, pertanyaan yang menarik, menurut saya...”. Sambil mengatakan hal tersebut dapat dipikirkan hal apa yang hendak disampaikan. Jangan lupa dengan bahasa tubuh, jaga gerak-gerik ketika wawancara, karena pewawancara dapat memaknai komunikasi tidak hanya dari segi verbal tetapi juga nonverbal. Buatlah kesan bahwa sebagai orang yang berpengetahuan dan layak diterima namun juga orang yang merendah. Tenangkan diri ketika menghadapi wawancara dan jangan lupa untuk bangun pagi agar tubuh lebih segar.

Itulah empat tips untuk sukses dalam menghadapi wawancara. Persiapkan segala hal dari sekarang untuk hasil yang maksimal. Eduwork.id dapat membantu agar dapat memasuki dunia kerja dengan mempersiapkan banyak hal, termasuk wawancara. Pilihlah mentor sendiri untuk menemani proses masuk dunia kerja. Menarik bukan? Daftar sekarang dan jadilah bagian dari Eduwork.id. Tetap semangat dan jaga kesehatan!