2 Menit Memulai Karir Sebagai UI/UX Designer

kerja sebagai UI/UX designer menjadikan profesi ini profesi yang sangat diminati bagi kalangan masyarakat saat ini

Ichlas Firmansyah

Jumat, 28 Mei 2021, 2 tahun yang lalu

2 Menit Memulai Karir Sebagai UI/UX Designer

Semakin banyaknya lowongan kerja sebagai UI/UX designer menjadikan profesi ini profesi yang sangat diminati bagi kalangan masyarakat saat ini, baik dari masyarakat yang merupakan lulusan bidang kreatif maupun masyarakat yang bukan merupakan lulusan bidang kreatif pun memiliki keinginan untuk menekuni karir di bidang ini karena untuk menjadi seorang UI/UX designer tidak memerlukan pendidikan di bidang tertentu.

Dalam memulai karir sebagai UI/UX designer ada banyak hal yang perlu diketahui dan dipelajari sehingga mampu menjadi UI/UX designer yang handal.

1. Mengetahui Perbedaan UI dan UX design

UI dan UX design merupakan dua hal yang berbeda dan perlu diketahui. UI merupakan singkatan dari User Interface yang berarti dalam pengerjaannya UI design memiliki peran dalam aspek visual di dalam sebuah website ataupun aplikasi. Tampilan pada UI diharapkan mampu memberikan kemudahan bagi para penggunanya nanti. UI design biasanya diperlukan dalam merancang bagian layout pada sebuah website dan aplikasi.

Sedangkan UX merupakan singkatan dari User Experience. Berbeda dari UI, UX sendiri lebih fokus terhadap kepuasan dan pengalaman pengguna dalam menggunakan aplikasi. Pekerjaan UX designer adalah melakukan riset pengguna dengan tujuan mengetahui apa yang pengguna (user research) inginkan untuk mempermudah mereka dalam menggunakan aplikasi dan meningkatkan kepuasan mereka dalam menggunakan aplikasi, membuat atau mendesain flow dari website dan aplikasi, dan yang pasti seorang UX designer perlu melakukan testing untuk mengevaluasi apakah desain dan flow nya sudah tepat dan nyaman digunakan oleh calon pengguna nantinya.

 

2. Mulai bergabung dalam sebuah komunitas

Bergabung dalam sebuah komunitas mampu memperluas relasi dengan orang orang yang memiliki bidang profesi UI/UX design.

Selain menambah relasi kita juga mampu mendapatkan pengetahuan dan insight yang lebih luas mengenai UI/UX design melalui sebuah diskusi dan bertukar pikiran sesama anggota komunitas.

 

3. Mencari banyak referensi design maupun artikel

Mencari referensi design dan artikel ini berguna untuk menambah pengetahuan kita mengenai UI/UX design, selain itu dengan mencari referensi design ini berguna untuk memberikan ide design seperti apa yang baik dan kita inginkan dan juga sekiranya cocok untuk website atau aplikasi yang akan dibuat.

 

4. Menggunakan tools yang tepat

Biasanya tools yang digunakan oleh seorang UI/UX designer adalah Figma dan Adobe XD. Adobe XD dan Figma memiliki kelebihan, yaitu kemudahan dalam melakukan desain dan prototyping. 

Meskipun masih banyak tools diluar sana namun Adobe XD dan Figma adalah pilihan terbaik yang dapat dipilih untuk UI/UX design

 

5. Belajar lebih dalam mengenai UI/UX design

Belajar pun dibutuhkan untuk menguasai skill yang dibutuhkan seorang UI/UX designer, baik soft skill maupun hard skill. Terlebih jika memiliki mentor, kemudahan dan kehematan waktu yang akan didapatkan akan sangat menguntungkan karena seorang mentor pasti sudah memiliki banyak pengalaman dan pasti akan mengarahkan kita untuk menghadapi masalah dan memberikan wawasannya yang bermanfaat untuk perkembangan karir.

Sekarang ini sudah banyak tempat mentoring untuk pelatihan skill yang bermanfaat untuk dunia kerja seperti UI/UX design, seperti eduwork.id. Eduwork,id merupakan platform yang memungkinkan kamu mendapatkan pekerjaan idaman dengan cara di bimbing oleh mentor yang akan menjadi teman seperjuangan dalam belajar dan berkarir. 

Di eduwork.id terdapat banyak kelas baik kelas programming maupun UI/UX design, di eduwork.id terdapat program menarik yaitu program ISA, program ini memberikan kesempatan untuk dapat belajar tanpa pembayaran terlebih dahulu, pembayaran dilakukan hanya apabila peserta sudah dapat pekerjaan / penghasilan.

Kesimpulannya untuk menjadi seorang UI/UX designer perlu mempersiapkan banyak hal dari mengetahui apa itu UI dan UX design, bergabung sebuah komunitas, mencari referensi, menggunakan tools yang tepat, bahkan belajar lebih jauh mengenai UI/UX design melalui mentor seperti yang bisa didapatkan di eduwork.id, untuk mengetahui info lebih lanjut mengenai program - program dan kelas - kelas yang ada di eduwork.id, kunjungi website eduwork.id atau bisa kunjungi akun instagram @eduwork.id. Yuk daftar dan temukan mentor terbaik untuk perkembangan karirmu di masa depan.