Akselerasi Karirmu dengan Tiga Tes Kemampuan Bahasa Inggris Ini!

Skill bahasa adalah salah satu skill yang dapat menjadi kelebihan dalam mendapatkan pekerjaan ketika seseorang dapat berbahasa lebih dari satu. Salah satu bahasa yang sangat diperlukan selain

Shania Bunga Amalia

Selasa, 27 April 2021, 1 bulan yang lalu

Akselerasi Karirmu dengan Tiga Tes Kemampuan Bahasa Inggris Ini!

Skill bahasa adalah salah satu skill yang dapat menjadi kelebihan dalam mendapatkan pekerjaan ketika seseorang dapat berbahasa lebih dari satu. Salah satu bahasa yang sangat diperlukan selain bahasa ibu adalah bahasa inggris. Bahasa inggris adalah bahasa internasional dan digunakan secara resmi di 53 negara di dunia. Kemampuan berbahasa inggris akan sangat menunjang pekerjaan, terutama jika ingin bekerja di perusahaan multinasional. 

Kemampuan bahasa inggris dapat ditunjukkan melalui sertifikasi resmi bahasa inggris. CV akan menjadi lebih menarik dengan adanya sertifikasi tersebut, tentunya dengan nilai yang hendaknya di atas rata-rata. Ada beberapa jenis tes bahasa inggris yang umum digunakan saat ini. 

Eduwork akan membagikan beberapa jenis tes bahasa inggris agar dapat digunakan untuk akselerasi karir. Beberapa jenis tes tersebut adalah:

 

1. TOEFL (Test of English as a Foreign Language)

TOEFL merupakan singkatan dari Test of English as a Foreign Language. TOEFL dibuat oleh ETS (Educational Testing Service), sebuah lembaga Amerika Serikat. TOEFL diadakan sebagai tes bahasa inggris sebagai bahasa asing, artinya seseorang yang berbahasa ibu selain bahasa inggris dapat mendapatkan pengakuan dapat berbahasa inggris melalui TOEFL ini.

Jenis TOEFL yang saat ini umum digunakan adalah TOEFL ITP dan iBT. TOEFL ITP (Institutional Testing Program) mempunyai sub tes listening, structure & written expression, dan reading dengan rentang skor tertinggi 677. TOEFL iBT (Internet-based Test) mempunyai subtes listening, reading, speaking, dan writing dengan rentang skor tertinggi 120.

Pengerjaan TOEFL cukup memakan banyak waktu dengan jumlah soal yang cukup banyak. Maka dari itu siapkan kesehatan agar dapat mengerjakan TOEFL dengan maksimal.

 

2. IELTS (International English Language Testing System)

IELTS diselenggarakan pertama kali pada tahun 1898. Tes ini diadakan oleh tiga organisasi, yaitu IDP Australia, British Council, dan Cambridge Language Assessment. Bagi para siswa yang belajar ataupun bekerja di luar negeri pasti sudah tidak asing lagi dengan tes ini. Tes ini diakui banyak negara dan dan menjadi tes bahasa inggris favorit oleh berbagai institusi. Hasil IELTS diakui oleh lebih dari 10.000 organisasi, termasuk lembaga pendidikan, perusahaan, asosiasi profesional, dan pemerintahan, di 145 negara di seluruh dunia.

Tes yang diujikan pada IELTS adalah kemampuan mendengarkan (listening), membaca (reading), menulis (writing), dan berbicara (speaking). Rentang skor IELTS adalah 0 (atau 1) sampai dengan 9. Semakin tinggi nilai IELTS maka semakin baik kemampuan berbahasa inggris. Nilai akhir IELTS adalah nilai rata-rata dari empat kemampuan yang diujikan.

 

3. TOEIC (Test of English for International Communication)

Tes kemampuan bahasa inggris terakhir yang termasuk dalam kategori sering digunakan adalah TOEIC. Dilansir dari Sun Education, terdapat beberapa perusahaan di Indonesia yang mensyaratkan pelamar mencantumkan hasil TOEIC. Begitupun dengan perusahaan pemerintah. Beberapa perusahaan pemerintah pun mensyaratkan hal yang sama. TOEIC juga diakui oleh lebih dari 10.000 perusahaan, pemerintah, dan program pembelajaran menggunakan bahasa inggris sebagai bahasa pengantar di lebih dari 120 negara. 

TOEIC mempunyai sub tes reading dan listening saja dengan waktu pengerjaan sekitar dua jam, lebih sedikit jumlah subtes atau kemampuan yang diujikan dan lebih sedikit pula waktu untuk pengerjaannya dibanding dengan tes bahasa inggris lain. Tetapi jangan lengah karena waktu dan jumlah soal yang sedikit, tetap jaga stamina agar tetap dapat fokus dalam mengerjakan tes ini. 

Itulah tiga tes bahasa inggris yang paling umum digunakan untuk berbagai keperluan, termasuk dalam memasuki dunia kerja. Dengan mempunyai sertifikasi kemampuan bahasa inggris, CV akan terlihat lebih menarik. Namun, lebih dari itu, dengan mahir berbahasa inggris akan menjadi nilai plus dalam berkomunikasi dengan orang lain dalam skala internasional dan dapat digunakan sebagai akselerasi karir karena telah maju selangkah dibandingkan dengan orang lain yang masih belum mengambil sertifikasi bahasa inggris. 

Selain pandai berbahasa asing, untuk meningkatkan peluang dalam mendapatkan pekerjaan impian hendaknya dibarengi dengan dampingan dari mentor yang andal. Eduwork.id dapat memberi fasilitas mentor yang menemani kamu dalam mendapatkan pekerjaan. Mentor akan membantu memberi saran dan masukan agar kalian dapat segera diterima di perusahaan impian kalian. Wah, menarik bukan? Tunggu apalagi, segera daftarkan dirimu sekarang di Eduwork.id dan temukan mentor pilihanmu!