Software Engineer : Pekerjaan, Skill, Prospek, dan Gaji

Saat ini banyak perusahaan yang masih membutuhkan tenaga ahli IT seperti Software Engineer untuk mengembangkan perangkat lunak milik perusahaan.

Ichlas Firmansyah

Selasa, 8 Juni 2021, 2 tahun yang lalu

Software Engineer : Pekerjaan, Skill, Prospek, dan Gaji

Software engineer bukan lagi pekerjaan yang asing pada era serba digital ini. Pekerjaan ini menjadi salah satu pekerjaan yang dicari oleh banyak perusahaan, kebutuhan akan tenaga ahli yang memiliki kemampuan atau pengetahuan yang dalam mengenai sistem perangkat lunak sehingga mampu memberikan sebuah solusi masalah perusahaan.

Untuk menjadi seorang software engineer perlu mengetahui apa saja pekerjaan nya dan skill apa yang dibutuhkan untuk menjadi software engineer. Selain itu kita perlu tahu seperti apa prospek kerja seorang software engineer dan berapa kisaran gaji seorang software engineer.

Pekerjaan seorang Software Engineer

Seorang software engineer memiliki tanggung jawab dalam mengelola sistem yang kompleks. Selain itu tugas atau pekerjaan seorang software engineer antara lain :

  • Berkomunikasi dengan klien mengenai spesifikasi dan desain software
  • Melaksanakan riset, membuat sebuah desain, mengembangkan software, testing software, dan yang pasti memelihara software tersebut
  • Mengkoordinasi dengan divisi lain untuk upaya memberi bantuan teknis serta  bagian dari proses pengembangan produk
  • Menganalisis segala kebutuhan user dan menjalankan assessment yang sesuai dengan requirement dari software yang dikerjakan, termasuk yang terkait dengan dana atau waktu.

Skill yang dibutuhkan seorang Software Engineer

Skill yang dibutuhkan untuk menjadi software engineer handal tidak hanya harus mengerti programming. Namun, masih banyak skill yang dibutuhkan selain dari programming seperti :

1. Mampu bekerja sama dan komunikasi dengan baik

Seperti yang sudah dijelaskan tugas seorang software engineer berkoordinasi dengan divisi lain untuk membantu dalam pengembangan produk. Maka dari itu kita perlu memiliki skill kerjasama dan komunikasi yang baik.

Skill ini bermanfaat agar dalam pelaksanaan tugasnya tidak terjadi miscommunication, sehingga tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

2. Minat belajar yang tinggi

Seorang software engineer juga masih perlu belajar untuk mengembangkan skill yang sudah dipunya maupun mengembangkan skill baru

Hal ini juga diperlukan sehingga mampu untuk memahami sebuah logika penggunaan kode bahasa pemrograman lain yang masih belum dikuasai.

3. Berorientasi pada hal detail

Perhatian pada hal detail sangat dibutuhkan sebagai seorang software engineer, karena jika kita tidak detail pada proses pengembangan perangkat lunak akan berakibat sangat fatal.

Prospek dan Gaji seorang Software Engineer

Prospek dan gaji yang mampu didapatkan sebagai seorang software engineer cukup menjanjikan. 

1. Web Developer

Web Developer adalah pekerjaan yang membuat program aplikasi web. Seorang Web Developer harus mampu membuat website awal dan juga mampu mengelola web tersebut. Web Developer dibagi menjadi dua jeni. 

Yang pertama adalah Front-End Developer, pekerjaan ini perlu menguasai CSS, Javascript, HTML dan lainnya. 

Kedua, Back-End Developer, pekerjaan ini perlu menguasai bahasa programming seperti Ruby, PHP, Java, dan .net

2. Mobile Developer

Mobile Developer memiliki tugas untuk membuat serta memelihara sebuah aplikasi mobile. Mobile Developer juga memiliki tugas untuk meneliti tren dari UI dan UX, serta brainstorming untuk mendapatkan sebuah ide yang inovatif sehingga dapat diaplikasikan pada aplikasi selanjutnya atau yang baru. 

3. Game Developer

Game Developer dibagi menjadi 2 pekerjaan utama. Pertama adalah Game Programming, game programming melakukan pengambilan seluruh spesifikasi desain game, mengatur seni dan suara pada game, sampai akhirnya meluncurkan game yang dapat dimainkan. Lalu, yang kedua adalah Game Designer, tugas dari game designer adalah membuat sebuah struktur dari game seperti bagaimana cara bermain dan juga peraturan dari game, dan membuat sebuah layout dan konsep dari game tersebut.

Gaji yang didapatkan seorang Software Engineer, berdasarkan jagoanhosting.com adalah seorang Software Engineer memiliki rata-rata gaji sekitar Rp5.000.000 – Rp8.000.000 per bulannya.

Kesimpulannya pekerjaan Software Engineer ini memanglah sangat dibutuhkan saat ini, banyak perusahaan membutuhkan tenaga ahli profesi ini untuk mengembangkan software baik aplikasi maupun website.

Jika kamu memiliki keinginan untuk menjadi Software Engineer, kamu bisa mulai dengan mengikuti kelas di Eduwork.id. Kenapa Eduwork? Apa sih kelebihannya dibanding tempat lain?

Eduwork merupakan platform edukasi yang menyediakan seorang mentor untuk muridnya, mentor ini mampu membantu kamu dalam mengembangkan skill mu sehingga kamu bisa menjadi tenaga ahli

Selain itu Eduwork.id menyediakan program ISA, ISA adalah income sharing agreement, dimana siswa dapat belajar tanpa pembayaran terlebih dahulu, pembayaran dilakukan hanya apabila peserta sudah dapat pekerjaan / penghasilan.

Menarik bukan? Jadi tunggu apalagi daftar sekarang juga, untuk informasi lebih lanjut kamu bisa cek di website eduwork,id atau melalui instagram @eduwork.id.