Pelajari Growth Marketing, Strategi Efektif untuk Meningkatkan Penjualan Bisnis

Growth marketing adalah proses sistematis yang menggabungkan strategi brand marketing dengan performance marketing untuk mendapatkan pelanggan yang sesuai dengan kriteria perusahaan. Growth m

Unamed

Jumat, 11 Juni 2021, 2 tahun yang lalu

Pelajari Growth Marketing, Strategi Efektif untuk Meningkatkan Penjualan Bisnis

Dewasa ini, banyak perusahaan atau bisnis rintisan baru yang berkembang di seluruh penjuru dunia, termasuk Indonesia. Jumlah perusahaan rintisan berbasis teknologi (startup) di Indonesia diproyeksikan oleh lembaga riset CHGR bertumbuh sampai dengan 6,5 kali lipat dibanding tahun 2016 menjadi sekitar 13.000 pada 2020. 

Melihat banyaknya perusahaan baru, persaingan tentunya akan semakin tajam dan tidak semua perusahaan dapat stand out of the crowd. Oleh karena itu, diperlukan adanya strategi yang kreatif, inovatif, dan interaktif untuk membuat perusahaan lebih berkembang dan dikenal oleh banyak orang. 

Eduwork.id akan memperkenalkan salah satu strategi marketing yang dapat digunakan untuk meningkatkan penjualan sehingga bisnis akan lebih berkembang, yaitu growth marketing. Yuk, simak penjelasannya lebih lanjut.

Apa itu Growth Marketing?

Dilansir dari New Breed Marketing, growth marketing adalah proses sistematis yang menggabungkan strategi brand marketing dengan performance marketing untuk mendapatkan pelanggan yang sesuai dengan kriteria perusahaan. Growth marketing menggunakan model value-additive blog posts, email marketing, optimasi SEO, teks iklan kreatif, dan analisis teknikal dari setiap aspek pengalaman pengguna. Hasil yang diperoleh dari strategi ini digunakan untuk mencapai pertumbuhan yang diinginkan perusahaan secara berkelanjutan. 

sumber foto: https://blog.useproof.com/what-is-growth-marketing

Growth marketing berfokus pada pemasaran dengan mengambil keputusan berdasarkan dengan data. Growth marketer harus mempunyai banyak rencana ketika melakukan sesuatu untuk mengambil keputusan. Hal ini dilakukan agar ketika hasil yang diperoleh tidak sesuai dengan ekspektasi, dapat langsung menggunakan rencana lain. 

Hal apa yang membuat Growth Marketing Berbeda?

Strategi pemasaran tradisional cenderung memakan banyak biaya. Padahal apabila pemasaran dilakukan dengan metode yang lebih modern dapat mendapat lebih manfaat. Strategi marketing yang lebih modern dapat meningkatkan traffic penjualan. Ketika growth marketing dilakukan dengan baik dan benar, dapat meningkatkan hasil penjualan dengan cara menarik pelanggan, melibatkan pelanggan, hingga menjadikan mereka sebagai pelanggan yang tetap. Growth marketing yang erat kaitannya dengan data ini, berhubungan dengan pembuatan strategi dan melakukan percobaan dalam menemukan hasil yang paling baik dan sesuai dengan yang diharapkan perusahaan

Hal apa yang dibutuhkan oleh growth marketers?

Hal pertama yang dibutuhkan oleh growth marketers adalah dapat menganalisis data. Saat ini, teknologi telah mempermudah dalam mencari dan mengumpulkan data. Dengan data-data tersebut, growth marketers dapat membuat keputusan. Growth marketers dapat menggunakan berbagai macam tools yang tersedia untuk melakukan analisis data. Keputusan diambil berdasarkan data yang sudah dianalisis, bukan dari firasat semata saja. 

Hal kedua yang dibutuhkan oleh growth marketers adalah sifat kreatif dan inovatif. Dengan sifat kreatif dan inovatif, seseorang dapat memikirkan hal-hal baru yang mungkin belum pernah ada sebelumnya tetapi berpotensi untuk sukses ketika keputusan tersebut diambil. Growth marketers juga harus berpikir sesuai dengan perubahan yang terjadi secara tanggap dan cepat  agar tidak kalah saing dengan perusahaan lain. Oleh karena itu, kreatif dan inovatif sangat diperlukan.

Hal ketiga yang dibutuhkan growth marketer adalah rasa berani dalam menghadapi tantangan. Growth marketer haruslah mempunyai banyak strategi untuk proses pemasaran. Untuk mengimplementasikan strategi tersebut haruslah disertai dengan rasa berani dan melawan rasa takut akan kegagalan. Meskipun, terkadang hasil tidak sesuai dengan harapan atau menghadapi kegagalan, jangan menjadikan kegagalan sebagai alasan untuk takut melangkah lebih jauh. Dengan begitu growth marketers akan membawa perusahaan tumbuh menjadi lebih baik melalui penjualan yang semakin meningkat. 

Itulah informasi mengenai growth marketing. Growth marketing adalah salah satu hal yang memegang peran penting dalam perusahaan. Dengan pengambilan keputusan untuk penjualan berdasarkan data, growth marketing dapat membawa perusahaan menjadi tumbuh dan berkembang melalui pemasaran dan menarik lebih menarik banyak pengguna. 

Bekerja pada bagian marketing menjadi impian banyak orang. Untuk mencapai tujuan tersebut, diperlukan langkah nyata. Eduwork.id dapat menemani langkah kamu dalam menggapai impian mendapat pekerjaan yang diharapkan, termasuk menjadi marketers. Eduwork menyediakan banyak tutor yang dapat kamu pilih sendiri untuk menemanimu mendapatkan pekerjaan impian. 

Jadi, tunggu apa lagi? Gabung dengan eduwork.id sekarang juga dan buat impianmu menjadi kenyataan.