Apa itu Data Science? Dan apa manfaatnya bagi bisnis?

Data science merupakan profesi pekerjaan yang sangat diminati saat ini, banyak perusahaan yang membutuhkan tenaga ahli data untuk menunjang operasional bisnisnya.

Ichlas Firmansyah

Jumat, 2 Juli 2021, 2 tahun yang lalu

Apa itu Data Science? Dan apa manfaatnya bagi bisnis?

Pada era modern dan digital ini Data science bukan lagi hal yang asing untuk dunia bisnis, bahkan saat ini Data science menjadi suatu hal yang penting dalam sebuah bisnis di Indonesia. Banyak bisnis yang membutuhkan Data science dalam menjalankan bisnisnya, karena Data science mampu memberikan banyak manfaat dalam proses sebuah bisnis. Sebenarnya apa sih Data science itu? Dan apa sih sebenarnya manfaat yang mampu diberikan Data science terhadap berjalannya sebuah bisnis?

Pengertian Data Science

Data science merupakan sebuah ilmu yang mempelajari sebuah data secara khususnya data kuantitatif (numerik), ada banyak subjek yang wajib bahas dalam penerapan data science meliputi segala proses data, mulai dari pengumpulan data, analisis data, pengolahan data, manajemen data, kearsipan, pengelompokan data, penyajian data, distribusi data, hingga bagaimana mengubah sebuah data menjadi sebuah kesatuan informasi yang mampu dipahami semua orang. Jadi Data science ini memiliki tujuan mengekstrak atau mengubah sebuah informasi dari sebuah data yang dengan mudah dapat dipahami semua orang.

Pentingnya Data Science bagi sebuah bisnis

Data science sangat penting bagi sebuah bisnis, setiap perusahaan pasti memiliki sebuah data untuk mengarahkan bisnis mengenai langkah apa yang harus diambil sehingga mampu memberikan keuntungan bagi perusahaan. Maka dari itu jika sebuah perusahaan tidak mampu mengolah sebuah data, maka bisnis tidak mampu mengetahui langkah apa yang harus diambil untuk mendapatkan keuntungan, maka dari itu Data science itu sangat penting bagi bisnis.

Skill untuk menjadi Data Scientist

Untuk mempelajari Data science ada beberapa skill atau pengetahuan dasar yang perlu dimiliki sehingga dalam menerapkan atau mengimplementasikan hasil data.

1. Pemograman

Skill pemrograman akan sangat membantu seorang data scientist ataupun data analyst. Seperti yang kita ketahui bahwa data science adalah mengenai bagaimana memasukan data-data tertentu ke komputer. Agar memudahkan seorang data scientist dalam melakukan hal tersebut, keahlian dalam programming akan sangat membantu dan memastikan bahwa pekerjaan tersebut dapat dikerjakan dengan sempurna. Maka dari itu, untuk menjadi seorang data scientist setidaknya harus menguasai bahasa pemrograman seperti Python.

2. Bisnis

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa informasi data berdasarkan data science sangat dibutuhkan dan penting bagi sebuah bisnis untuk merancang strategi penyelesaian permasalahan yang ada. Agar informasi data dapat mudah dipahami, maka seorang data scientist harus memiliki pengetahuan dasar mengenai bisnis, sehingga dapat mudah dimengerti dan penyelesaian yang diusulkan dapat diimplementasikan di bisnis tersebut.

3. Statistika

Bukan menjadi hal yang aneh lagi bahwa pemahaman mengenai ilmu statistika juga merupakan salah satu hal mendasar yang perlu dipelajari dan dipahami bagi kalian yang ingin menjadi seorang data scientist. Selain ilmu ini berguna untuk menentukan algoritma mana atau seperti apa yang akan diaplikasikan, ilmu statistika juga sangat dibutuhkan dalam hal pengembangan software machine learning.

Singkatnya data science memang sebuah hal yang perlu dan wajib dimiliki dan diimplementasikan dalam sebuah bisnis, meskipun data science terdengar rumit dan tidak mudah untuk dipelajari namun skill ini sangat dibutuhkan dalam dunia kerja.

Jika kamu ingin mempelajari lebih jauh mengenai data science dan ingin memiliki karir di dunia data science kamu bisa mengikuti kelas dari eduwork.id, di eduwork.id kamu akan ditemani seorang mentor yang akan membimbing selama masa pembelajaran skill maupun saat sudah kerja nanti, ada banyak pilihan kelas dan program yang ditawarkan eduwork.id termasuk kelas data science. Jika kamu berminat, tunggu apalagi? Daftarkan diri kamu sekarang melalui website eduwork.id atau bisa mengunjungi akun instagram eduwork,id untuk mengetahui lebih lanjut mengenai kelas dan program yang ditawarkan eduwork.id.