Perbedaan Digital Marketing dan Internet Marketing yang Perlu Kamu Ketahui

Digital marketing dan internet marketing merupakan hal yang hampir mirip dalam dunia marketing, namun ada beberapa perbedaan yang membedakan mereka yang perlu kita ketahui.

Ichlas Firmansyah

Jumat, 2 Juli 2021, 2 tahun yang lalu

Perbedaan Digital Marketing dan Internet Marketing yang Perlu Kamu Ketahui

Berbicara mengenai marketing pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya Digital Marketing dan Internet Marketing, namun sebenarnya apa sih Digital Marketing dan Internet Marketing itu, apa sih yang membedakan Digital Marketing dan Internet Marketing dan apa saja contoh dari Digital Marketing dan Internet Marketing.

Apa itu Digital Marketing dan Internet Marketing

Sebelum mengetahui perbedaan dari Digital Marketing dan Internet Marketing kita perlu mengetahui lebih dalam mengenai Digital Marketing dan Internet Marketing.

Digital Marketing  bukan lagi hal yang asing bagi kebanyakan orang saat ini, Digital Marketing telah menjadi hal yang lumayan trending saat ini. Namun apa itu Digital Marketing?

Digital Marketing adalah sebuah usaha pemasaran yang dilakukan dengan media digital atau internet.

Digital Marketing tidak hanya berfokus kepada pemasaran yang mampu diakses di internet, dalam pengimplementasiannya Digital Marketing juga dapat dilakukan melalui platform digital seperti, billboard dan televisi.

Ada banyak contoh strategi Digital Marketing seperti Search Engine Optimisation (SEO), Content Marketing, Email Marketing, dan lain lain.

Digital Marketing tidak hanya melakukan pemasaran melalui internet, namun juga bisa melalui offline, seperti iklan televisi dan billboard elektronik, dua hal tersebut juga termasuk ke dalam Digital Marketing karena pembuatannya yang dibuat menggunakan perangkat digital.

Sedangkan, Internet Marketing dapat dikatakan menjadi salah satu bagian dari Digital Marketing, internet marketing atau yang juga biasa disebut online marketing ini adalah sebuah strategi pemasaran menggunakan internet.

Perbedaan Digital Marketing dan Internet Marketing

Berbeda dengan Digital Marketing, Internet Marketing hanya bisa dilakukan melalui internet contohnya seperti SEO, SEM, dan Social Media Marketing. Sedangkan untuk Digital Marketing masih bisa dilakukan tanpa internet seperti iklan di televisi dan billboard elektronik.

Kesimpulannya kedua hal tersebut, Digital Marketing dan Internet Marketing, memang terlihat mirip dan bahkan internet marketing dapat dikatakan bagian digital marketing.

Namun dua hal ini memiliki perbedaan, Digital Marketing memiliki cakupan yang luas dalam pengimplementasiannya, sedangkan Internet Marketing lebih sempit daripada Digital Marketing.

Digital Marketing masih dapat diimplementasikan meskipun tanpa internet karena berfokus pada penggunaannya yaitu digital seperti billboard elektronik, sedangkan untuk Internet Marketing membutuhkan internet dalam pengimplementasiannya.

Meskipun begitu memang tidak dipungkiri lagi bahwa digital memang berperan penting dalam setiap aspek kehidupan saat ini, maka dari itu kita perlu mengasah skill untuk mempersiapkan diri ke dunia yang serba digital ini

Eduwork.id merupakan tempat yang tepat untuk memulai perjalanan untuk mengasah skill digitalmu, di eduwork.id ada banyak pilihan kelas yang dapat diikuti seperti programming dan ux/ui design.

Tidak hanya itu eduwork.id juga akan menyediakan seorang mentor untuk membantu kamu dalam perjalanan kamu untuk melatih skill atau bahkan untuk mencari pekerjaan sesuai dengan skill yang dipelajari.

Jadi tunggu apalagi, daftar sekarang dan mulai perjalanan karirmu dengan melatih skill yang baru bersama eduwork.id!

Untuk informasi lebih lanjut kunjungi website kami eduwork.id atau bisa melalui akun instagram kami @eduwork.id.