Graphic Design dan Prospek Pekerjaannya di Masa Depan

Graphic Design merupakan bidang pilihan karir yang sangat diminati saat ini, namun seperti apa prospek pekerjaan dari bidang graphic design sehingga mampu menarik banyak minat masyarakat.

Ichlas Firmansyah

Senin, 5 Juli 2021, 2 tahun yang lalu

Graphic Design dan Prospek Pekerjaannya di Masa Depan

Saat ini pekerjaan sebagai graphic designer sangat diminati, prospek pekerjaannya yang diprediksi akan sangat dibutuhkan hingga beberapa tahun kedepan, menjadi salah satu daya tarik banyak orang untuk memilih untuk menjadi graphic designer sebagai pekerjaan yang akan mereka tekuni.

Sebelum berbicara lebih jauh mengenai prospek pekerjaan graphic designer, kita perlu tahu sebenarnya apa sih graphic design itu, tools apa saja yang digunakan seorang graphic designer, dan apa saja perbedaan pekerjaan yang dikerjakan seorang graphic designer?

Apa itu Graphic Design?

Graphic design atau desain grafis merupakan sarana komunikasi bidang kreatif yang menggunakan elemen-elemen visual contohnya seperti, tipografi, fotografi, serta ilustrasi yang dimaksudkan sebagai bentuk penyampaian sebuah pesan kepada audiens atau masyarakat luas dengan media yang menarik mata sehingga mereka tertarik untuk melihat dan mencari tahu pesan yang disampaikan di dalam media tersebut.

Tools yang digunakan dalam Graphic Design

Sebagai seorang graphic designer sudah pasti perlu mengetahui dan menguasai tools yang digunakan untuk mengerjakan pekerjaannya. Cukup banyak tools yang digunakan dengan fungsi atau kegunaan yang berbeda beda dari tiap toolsnya.

1. Adobe Illustrator

Adobe Illustrator merupakan salah satu software berbasis vektor, sesuai namanya Adobe Illustrator adalah salah satu software dari Adobe. Karena software ini berbasis vektor maka gambar yang dihasilkan pasti tajam. Fungsi Adobe Illustrator itu sendiri yang sangat menonjol adalah sebagai pembuat ilustrasi. Kamu bisa memilih Adobe Illustrator sebagai salah satu pilihan software untuk membuat desain grafis visual seperti poster, banner, atau logo karena kualitasnya yang tajam.

2. Adobe Photoshop

Adobe Photoshop merupakan perangkat lunak editor citra buatan Adobe Systems yang sudah sangat dikenal di kalangan masyarakat, banyak editor atau designer yang menggunakan tool ini. Photoshop dikhususkan sebagai software pengeditan foto atau gambar dan pembuatan efek atau yang biasa disebut dengan layer style. Perangkat lunak yang satu ini biasanya banyak digunakan oleh fotografer digital dan perusahaan iklan.

3. Corel Draw

Corel Draw memiliki kemiripan dengan Adobe Illustrator. Sebagai salah satu software yang sangat cocok untuk visual desain, wajar jika software Corel Draw ini mampu memberikan hasil gambar desain yang berkualitas  dan tidak kalah dengan software lainnya. Photoshop tidak hanya digunakan untuk profesional, namun juga untuk yang baru tertarik pada dunia grafis. Memulainya pun tak sulit, karena software ini cenderung mudah dipelajari dan sudah banyak video tutorial yang bisa kamu temukan di YouTube.

4. Figma

Figma merupakan salah satu design tool yang biasanya digunakan untuk membuat design untuk sebuah aplikasi mobile, desktop, website dan lain-lain. Figma biasa digunakan oleh seorang ux/ui designer.

Jenis Pekerjaan Graphic Designer

Ada beberapa jenis pekerjaan seorang graphic designer yang dapat dipilih sebagai pilihan karir saat ini, berikut beberapa jenis pekerjaan seorang graphic designer 

1. Motion grafis

Motion grafis adalah salah satu percabangan dari desain grafis yang dimana merupakan sebuah penggabungan dari tipografi, ilustrasi, fotografi maupun videografi dengan teknik animasi bergerak. Motion grafis mencakup tidak hanya animas tetapi juga audio, tipografi, citra, video, dan efek lain yang mendukung pembuatan motion grafis ini biasa digunakan media online, televisi, dan juga film.

2. Desain grafis pemasaran & periklanan

Sebuah perusahaan untuk dikenal oleh masyarakat luas perlu adanya upaya pemasaran dan periklanan. Pemasaran dan periklanan  ini memiliki tujuan untuk menarik minat setiap masyarakat untuk mengambil keputusan agar mau membeli produk yang ditawarkan atau dijual oleh perusahaan. Bentuknya seperti design social media, poster, banner, dan lain lain.

3. UX/UI design

Seperti yang sudah kita ketahui UX/UI merupakan bidang yang sangat diminati saat ini, UX/UI merupakan design khusus yang digunakan dalam sebuah aplikasi, website, desktop dan lain lain.

Kesimpulan dari penjelasan di atas dapat dipahami bahwa dunia graphic design sangat lah luas dan yang pasti sangat dibutuhkan saat ini dan akan terus berkembang seiring berjalannya waktu, setiap perusahaan membutuhkan seorang graphic designer dalam bidang seperti marketing maupun product. Ini membuktikan bahwa graphic design memiliki prospek kerja yang menjanjikan di masa depan.

Untuk kamu yang ingin mempelajari skill dunia kerja seperti graphic design, eduwork.id merupakan tempat yang cocok untuk kamu, ada banyak kelas dengan berbagai topik yang ditawarkan salah satunya graphic design. Eduwork akan mempersiapkan seorang mentor untuk kamu dalam proses belajar sampai dunia kerja nanti, untuk info lebih lanjut mengenai program yang ditawarkan kunjungi website eduwork.id atau akun instagram @eduwork.id. Yuk daftarkan dirimu sekarang!.