Apa itu UX Design : Software, Course dan Kisaran Gaji

UX design merupakan salah satu faktor penting dalam pembuatan atau pengembangan sebuah website, namun apa sebeneranya peran mendalam dari UX design itu sendiri untuk sebuah website

Ichlas Firmansyah

Senin, 5 Juli 2021, 2 tahun yang lalu

Apa itu UX Design : Software, Course dan Kisaran Gaji

Seperti yang sudah kita ketahui, saat ini pekerjaan sebagai seorang UI/UX designer sangat diminati oleh kalangan masyarakat luas karena prospek karir yang cukup menjanjikan.

Selain itu banyak juga perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja yang memiliki kemampuan UI maupun UX design. Namun, sebenarnya apa itu UX design? Dan bagaimana cara kita bisa menjadi seorang UX designer?

Apa itu UX Design?

UX Designer adalah profesi yang berhubungan dengan mencari cara untuk meningkatkan tingkat kepuasan para pengunjung website ataupun pengguna aplikasi instansi atau perusahaan yang dimana tingkat kepuasannya dilihat dari nilai kegunaan, manfaat dari aplikasi maupun website, dan juga kesenangan yang bisa dirasakan pengunjung website atau pengguna aplikasi.

Singkatnya UX Design memberikan pengaruh akan pengalaman pengguna saat menggunakan sebuah produk instansi/perusahaan.

Software UX Design

Dalam membuat UX Design tentu memerlukan sebuah tools/software khusus sehingga design yang dibuat mampu memberikan pengalaman kepada pengguna dengan baik.

1. Figma

Figma saat ini telah menjadi software yang sangat diminati oleh kalangan UI maupun UX Designer. Figma adalah prototyping tool yang memiliki kemampuan untuk melakukan co-edit dengan kolega kerja.

Figma memiliki kualitas interface yang baik dan mampu memberikan kemudahan untuk penggunanya untuk menyisipkan sebuah elemen, animasi, dan kode untuk membuat prototipe dengan fidelitas tinggi. 

2. Adobe XD

Selain Figma, Adobe XD juga menjadi salah satu software pilihan para UI dan UX Designer. Tidak perlu diragukan lagi bahwa Adobe merupakan pangkal software para designer, mayoritas produk mereka digunakan oleh designer seperti Photoshop, Illustrator, dan lain lain.

Adobe XD adalah tools unggulan UX, fitur kolaboratif yang diberikan menjadi sebuah keunggulan dari Adobe XD, hal ini mempermudah designer dalam berbagi dokumen dan yang pasti bekerja secara kolaboratif.

Selain itu, Adobe XD merupakan alat prototyping solid yang memungkinkan penggunanya untuk membuat elemen dan kemudian menghasilkan sebuah transisi animasi (interaksi mikro) dengan elemen tersebut.

3. UserTesting

UserTesting adalah platform yang sangat bagus untuk menemukan kandidat user yang cocok untuk menguji desain baru yang telah dibuat oleh designer. Platform ini dapat memberikan kesempatan penggunanya untuk berbicara dengan user saat mereka terlibat dengan pengujian design anda.

4. Applause

Applause merupakan platform sumber peserta pengujian kegunaan design yang telah dibuat. Setelah kita membuat design sudah pasti perlu sebuah a/b testing agar kita mengetahui apakah design yang kita buat sudah cocok atau masih perlu ada perbaikan

Applause menawarkan pendekatan langsung dengan para UX expert untuk membantu dalam studi kegunaan para pengguna platform.

Course UX Designer

Sebagai pemula sudah pasti perlu sebuah perjalanan yang panjang untuk bisa memahami dan menguasai UX Design. Ada banyak cara untuk bisa membantu memudahkan dalam perjalanan panjang tersebut, seperti belajar melalui sebuah course.

Saat ini sudah banyak course online yang tersedia dengan kualitas yang berbeda. Salah satunya adalah eduwork, Eduwork merupakan salah satu tempat mentoring atau platform yang memungkinkan kamu mendapatkan pekerjaan idaman dengan cara di bimbing oleh mentor yang akan menjadi teman seperjuangan dalam belajar dan berkarir. Eduwork menawarkan banyak kelas baik dari programming hingga UI/UX design.

Gaji UX Designer

Untuk gaji seorang UX Designer berdasarkan id.neuvoo.com, rata rata gajinya di Indonesia adalah Rp. 84,000,000 per tahun atau Rp. 43,077 per jam. Gaji awal posisi tersebut dimulai di kisaran Rp. 19,200,000 per tahun sementara bagi karyawan berpengalaman, gaji berada di kisaran Rp. 142,800,000 per tahun.

Dari informasi diatas dapat dilihat bahwa UX Design plihan karir yang sangat menjanjikan. 

Jika kamu memiliki keinginan untuk menjadi seorang UI/UX designer dan ingin memiliki seorang mentor untuk membantu kamu dalam perjalanan karirmu. Eduwork.id adalah pilihan yang tepat, ada banyak program yang ditawarkan oleh eduwork untukmu. Untuk info lebih lanjut yuk kunjungi website eduwork.id atau bisa melalui sosial media instagram dengan usernam @eduwork.id

Tunggu apalagi yuk daftar sekarang juga!