Serba Serbi Mobile App Developer

Mobile app developer adalah profesi dimana para programmer yang menguasai dan terlatih membangun sebuah produk berupa aplikasi berbasis mobile.

Ichlas Firmansyah

Selasa, 6 Juli 2021, 2 tahun yang lalu

Serba Serbi Mobile App Developer

Teknologi semakin dibutuhkan saat ini di dalam segala aspek kehidupan, banyak orang yang membutuhkan teknologi untuk bertransaksi, browsing, sampai komunikasi. 

Selain itu teknologi juga dibutuhkan oleh setiap perusahaan untuk mendukung kegiatan operasional perusahaan tersebut baik dari menyimpan data hingga menciptakan software atau aplikasi untuk mempermudah dalam memberikan layanan dari perusahaan kepada konsumen.

Salah satu teknologi yang dibutuhkan oleh orang - orang dan perusahaan adalah Mobile App. Mobile app dapat mempermudah perusahaan maupun penggunanya dalam banyak hal, tergantung tujuan dari mobile app itu sendiri.

Untuk membuat dan mengembangkan mobile app, perusahaan membutuhkan seorang Mobile App Developer.

Apa itu Mobile App Developer? Dan mengapa perusahaan membutuhkannya? Apa pengaruh atau pekerjaan yang diberikan atau dikerjakan seorang Mobile App Developer dalam sebuah Mobile App?

Apa itu Mobile App Developer?

Mobile App Developer adalah seorang programmer yang memiliki spesialisasi pada bidang mobile app atau pembuatan aplikasi mobile untuk Android, iOS, maupun device mobile lain seperti Microsoft.

Tidak hanya membuat aplikasi, namun Mobile App Developer juga memiliki kemampuan untuk mengembangkan aplikasi mobile.

Seperti profesi bidang IT lainnya seorang Mobile App Developer juga perlu memahami beberapa bahasa pemrograman dan tergantung platform mobile itu sendiri, karena tiap platform memiliki bahasa pemrograman yang berbeda

Tugas dan Tanggung Jawab Mobile App Developer

Sesuai namanya, sudah pasti seorang Mobile App Developer memiliki tugas membuat dan mengembangkan aplikasi mobile dan mengurus segala sesuatu yang berhubungan dengan mobile. Selain itu Mobile App Developer memiliki tanggung jawab untuk

  • Mengembangkan Application Programming Interfaces (API) agar mendukung device untuk tetap up to date, konsep, dan praktik terbaik membuat code untuk mobile
  • Memberikan masukan sebuah perubahan ataupun peningkatan pada aplikasi
  • Komunikasi dan kerja sama dengan tim untuk terus berinovasi dalam desain maupun fungsi aplikasi
  • Coding, debug, dan monitor perubahan dokumen pada aplikasi mobile.

Dan masih banyak lagi, sebagai seorang Mobile App Developer memang memiliki tugas dan tanggung jawab yang banyak dan juga besar sehingga perlu persiapan dan pertimbangan yang matang jika ingin berkarir di bidang ini.

Skill yang dibutuhkan Mobile App Developer

Sebagai seorang Mobile App Developer banyak skill yang dibutuhkan agar bisa menjadi seorang Mobile App Developer handal tidak hanya memahami matematika dan bahasa pemograman, seperti

  • Komunikasi dan kerja sama yang baik
  • Kemampuan dalam terus up to date dengan perubahan atau perkembangan tren yang ada
  • Kemauan dan kemampuan untuk terus belajar
  • Mampu memberikan solusi sebuah masalah
  • Paham untuk mengimplementasikan dan mengikuti segala rencana teknis

Skill di atas bisa menjadi salah satu pertimbangan jika ingin memilih karir sebagai Mobile App Developer.

Gaji dan Jenjang karir seorang Mobile App Developer

Seperti yang sudah dijelaskan di atas maka dapat diketahui bahwa Mobile App Developer memiliki beberapa pilihan karir yang berbeda, seperti

1. Android Developer

Sesuai dengan nama nya, seorang Android Developer perlu memahami pemrograman yang ada di Android hal ini ditujukan agar sebagai developer, mampu menerapkan layanan yang dimiliki Google, memperluas pengalaman dari inti aplikasi bisa bertahan dan dapat digunakan secara aman dan nyaman dalam kondisi apapun oleh pengguna Android.

2. iOS Developer

Tidak begitu beda jauh dengan Android Developer, iOS juga perlu memahami pemrograman yang ada di mobile iOS. 

iOS Developer berkutat pada pengembangan dari Xcode, pemahaman Swift, dan perlu antusias dan memiliki kemampuan menangani pustaka dan frameworks baru.

3. Game Developer

Berbeda dengan sebelumnya, Game Developer atau Video Game Developer ini memiliki tugas untuk menulis kode dalam berbagai format untuk permainan. 

Dengan mengambil ide desainer seperti gambar dan aturan dan diubah kedalam bentuk permainan yang dapat dimainkan dengan visual dan suara melalui penulisan kode.

Untuk kisaran gaji seorang Mobile App Developer diperkirakan berada pada IDR 7,129,363 per bulan berdasarkan id.indeed.com.

Kesimpulannya adalah Mobile App Developer merupakan pekerjaan dimana seorang Mobile Developer mengurus segala kebutuhan pengembangan mobile app baik untuk Android, iOS, Windows dan lain lain.

Jika kamu memiliki keinginan untuk menjadi seorang Mobile App Developer, eduwork.id merupakan tempat yang tepat untuk kamu. Mengapa? Karena Eduwork.id merupakan platform yang membantu kamu untuk mendapatkan pekerjaan, dengan cara mengedukasi kamu terlebih dahulu oleh mentor yang berpengalaman.

Yuk tunggu apalagi daftar sekarang, kembangkan skill dan karirmu bersama eduwork.id.

Untuk info lebih lanjut bisa melalui website Eduwork.id atau melalui sosial media Instagram kami @eduwork.id.