Ingin Menjadi Graphic Designer? Ikuti Tips Pembuatan Portofolio Ini Agar Dilirik Perekrut

Dalam melamar pekerjaan tentu CV atau Resume saja tidak cukup, perlu adanya tambahan untuk menunjukan skill yang pelamar miliki seperti portofolio.

Ichlas Firmansyah

Selasa, 6 Juli 2021, 2 tahun yang lalu

Ingin Menjadi Graphic Designer? Ikuti Tips Pembuatan Portofolio  Ini Agar Dilirik Perekrut

Seperti yang sudah kita ketahui saat ini dalam melamar pekerjaan CV atau Resume saja tidak cukup, perlu ada tambahan berkas yang dapat membuktikan hasil kerja yang telah kita masukan ke dalam CV atau Resume yang telah kita buat.

Portofolio menjadi salah satu dokumen tambahan yang penting dalam melamar kerja, terutama untuk yang ingin berkarir sebagai graphic designer.

Portofolio dianggap sebagai bukti dari hasil kerja yang pernah dikerjakan, hal ini bertujuan agar hasil kerja yang telah dilakukan dapat terbukti dan kredibel.

Namun, bagaimana cara membuat portofolio yang menarik dan dapat dilirik oleh perekrut kerja?

Membuat format yang kreatif dan menarik

Saat membuat portofolio untuk pertama kali memang sudah menjadi hal biasa kita perlu melihat format portofolio yang ada, namun, hal itu tidak menjadi pembatas untuk menjadi kreatif dan membuat portofolio yang menarik.

Terlebih jika ingin melamar pada posisi desain grafis. Buatlah portofolio dengan format yang kreatif dengan visual yang menarik, namun tetap terlihat simple, informatif, dan mudah dipahami.

Selektif dalam memilih karya

Dalam memasukan karya atau prestasi pada portofolio, pilihlah karya yang memiliki value yang setidaknya dapat membuatmu terlihat memiliki nilai atau pengalaman yang relevan.

Contohnya seperti hasil sebuah project atau penghargaan kemenangan lomba desain, hal tersebut dapat menambahkan value pelamar sebagai graphic designer dengan bukti yang tercantum pada portofolio pelamar.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah periode karya tersebut dibuat. Masukan karya desain yang terbaru pada portofolio bukan yang sudah lama. Hal ini untuk menunjukan skill yang saat ini pelamar miliki. Periode yang berbeda pada karya yang dibuat biasanya berdasarkan skill level yang berbeda.

Buat deskripsi diri atau “about me” semenarik mungkin

Kolom deskripsi diri atau “about me” pada portofolio dipercaya sebagai cerminan dari kepribadian pelamar, dari deskripsi diri ini perekrut dapat mengetahui sedikit karakter atau kepribadian dari pelamar.

Maka dari itu, saat membuat portofolio, buat deskripsi diri yang mencerminkan diri pelamar dengan baik, buatlah sesingkat dan sejelas mungkin sehingga perekrut dapat mengetahui karakter pelamar dengan baik.

Buat deskripsi proyek dengan singkat dan jelas

Sebagai seorang perekrut tentu akan mendapatkan banyak sekali lamaran dari para pelamar, maka dari itu mereka perlu mempersingkat waktu dalam menganalisa berkas lamaran para pelamar termasuk portofolio.

Karena waktu yang singkat tersebut, pelamar perlu membuat portofolio yang singkat dan jelas, hal ini agar perekrut dapat mencerna dengan baik secara cepat informasi tentang deskripsi diri dan karya pelamar karena waktu yang dimiliki terbatas.

Masukan review atau penilaian baik dari klien

Agar karya yang dimasukan ke dalam portofolio dapat menjadi lebih terpercaya, sebagai pelamar bisa memasukan review atau penilaian dari klien.

Hal ini bisa menjadi tambahan penilaian yang positif terhadap karya yang telah dibuat pelamar agar terlihat kredibel dan tidak dibuat buat atau rekayasa.

Demikian tips yang dapat diikuti dan diterapkan dalam membuat portofolio sebagai graphic designer agar dapat dilirik oleh perekrut.

Dalam membuat portofolio penting untuk mengumpulkan segala hasil karya yang telah dibuat, kumpulkan segala review atau penilaian dari klien yang puas dengan hasil karya yang telah dibuat, ambil kesempatan dalam project apapun baik itu project besar maupun kecil.

Namun, jika merasa bingung dan tidak tahu bagaimana cara memulai karir sebagai graphic designer, eduwork.id bisa menjadi solusi terbaik.

Apa itu eduwork.id? Eduwork.id merupakan sebuah platform dimana mampu membantu setiap individu yang memiliki keinginan untuk memiliki karir di bidang tertentu agar bisa mendapatkan pekerjaan idaman, dengan cara dibimbing oleh seorang mentor yang akan menjadi pembimbing dan juga pemberi arah untuk kamu dalam mencapai dan menjalani karir yang kamu idamkan.

Eduwork.id memiliki banyak pilihan kelas baik kelas programming hingga desain grafis, dengan mentor yang berpengalaman di bidangnya. Jadi tunggu apalagi? Yuk daftarkan dirimu segera dan berproses bersama eduwork.id

Untuk info lebih lanjut kunjungi website eduwork.id atau bisa cek sosial media instagram, facebook, maupun linkedin di @eduwork.id.