Ketahui Hal Ini Sebelum Menjadi Seorang UI Designer

Selain UX design, UI design juga telah menjadi salah satu bidang pekerjaan yang diminati saat ini. Namun seperti apa pekerjaan seorang UI designer itu?

Ichlas Firmansyah

Jumat, 9 Juli 2021, 2 tahun yang lalu

Ketahui Hal Ini Sebelum Menjadi Seorang UI Designer

Kata UI/UX design pasti bukan kata yang asing lagi bagi kebanyakan orang saat ini. Profesi UI/UX Designer mengalami peningkatan akhir-akhir ini, baik dari para lulusan bidang kreatif maupun non kreatif berminat untuk memilih profesi ini sebagai pilihan karir mereka.

Namun, sebenarnya apa itu UI design? Mengapa UI design sangat terikat dengan UX? Apa yang membedakan UI dan UX design?

Pengertian dari UI design

User Interface (UI) design atau desain antarmuka adalah sebuah proses dimana designer membuat interface pada perangkat lunak yang bertujuan untuk fokus terhadap penampilan dari website atau aplikasi. 

Singkatnya UI designer memiliki tugas untuk membuat tampilan antarmuka atau interface sehingga website atau aplikasi nyaman digunakan oleh user.

Perbedaan UX dan UI design

Meskipun terlihat sama UX dan UI design cukup banyak memiliki perbedaan, hal tersebut kegunaan kedua design ini yang berbeda. 

UX design sesuai dengan namanya user experience, berfokus kepada memberikan pengalaman terbaik kepada user dari website atau aplikasi yang dibuat oleh designer.

UX designer memiliki tugas memberikan kemudahan dan tidak membingungkan user untuk mengakses website atau aplikasi yang ada, dengan tujuan meningkatkan user experience.

Singkatnya, UX mengatur elemen sistem keseluruhan website dengan memastikan bahwa user mampu dengan mudah mengakses website atau aplikasi.

Sedangkan UI design yang juga sesuai dengan namanya user interface, berfokus kepada desain antarmuka atau tampilan dari sebuah website atau aplikasi.

Berbeda dengan UX design yang berfokus pada elemen sistem website agar mudah diakses, UI design lebih fokus dengan tampilan desain dari website atau aplikasi agar mudah dan nyaman untuk dilihat.

UI design mengatur layout, font, warna, typography bahkan logo dari sebuah website atau aplikasi.

Tugas dan Tanggung Jawab UI designer

Tugas dari seorang UI designer adalah membuat tampilan antarmuka atau interface sehingga website atau aplikasi nyaman digunakan oleh user, dalam segi desain baik warna, font atau typography, layout, bahkan logo.

Namun, jika dilihat lebih dalam ada beberapa tugas yang perlu dikerjakan oleh seorang UI designer. Dilansir dari Glints, sebuah yayasan yaitu Interaction Design Foundation berpendapat bahwa seorang UI designer perlu mengembangkan beberapa hal, seperti :

1. Gesture-Based Interface atau Antarmuka berbasis gestur

Antarmuka berbasis gestur ini melibatkan pengguna dengan sebuah desain 3D dengan gerakan badan. Saat ini bentuk desain dari Antarmuka berbasis gestur ini biasanya digunakan dalam Virtual Reality (VR).

2. Graphical User Interfaces (GUIs)

Pengguna dari aplikasi ataupun website dapat melakukan interaksi dengan sebuah representasi visual pada panel kontrol digital. Desktop komputer adalah GUI.

3. Voice-controlled interface (VUI)

Pengguna dapat melakukan interaksi hanya dengan menggunakan suara mereka. Kebanyakan asisten pintar seperti yang telah digunakan banyak orang saat ini seperti, Siri pada device iphone, google assistant pada device android adalah VUI.

Seorang UI designer memiliki tanggung jawab yang cukup banyak, namun jangan khawatir selama mampu menguasai skill yang dibutuhkan untuk menjadi UI designer maka hal ini bukanlah menjadi hal yang berat.

Beberapa tanggung jawabnya adalah, mampu memberikan dan menyiapkan keputusan desain yang akan digunakan pada website atau aplikasi, mampu memahami dan menggunakan wireframe, elemen, prototipe, dan lain lain pada sebuah website.

Namun yang terpenting adalah mampu menjalin komunikasi dan bekerja sama dengan baik dengan divisi lain seperti UX designer, copywriter, dan lain lain. Karena dalam melaksanakan tugasnya, seorang UI designer tidak bisa bekerja sendiri, perlu bekerja sama dengan divisi lain agar seluruh desain dan hasil kerja yang sudah dibuat dapat diimplementasikan dengan baik di website atau aplikasi yang sudah dibuat.

Skill yang dibutuhkan UI designer

Ada banyak skill yang perlu dimiliki dan dukasai oleh seorang UI designer, baik soft skills maupun hard skills.

Seorang UI designer tentunya perlu memahami software yang menunjang pekerjaan seorang UI designer seperti Sketch, Adobe XD, Figma dan lain lain.

Memahami software tersebut dalam artian mampu membuat sebuah desain baik layout, typography, warna, dan elemen lainnya terlihat menarik dan nyaman untuk dipandang.

Lalu skill lain yang juga dibutuhkan adalah kerja sama tim dan komunikasi. Seperti yang sudah pernah dijelaskan sebelumnya, seorang UI designer akan bekerja sama dan berhubungan dengan divisi lain.

Agar tercipta suasana kerja yang nyaman dan menyenangkan maka perlu tahu bagaimana cara berkomunikasi dengan baik, seperti saat menjelaskan sebuah rancangan desain yang sudah dibuat, seorang UI designer perlu menjelaskannya dengan baik dan jelas sehingga divisi lain mampu mengerti dan memiliki pemahaman yang sama.

Bekerja sama dengan baik juga diperlukan demi menciptakan suasana kerja yang nyaman. Seorang UI designer perlu tahu bagaimana cara bekerja sama dengan baik dengan orang lain, jika suatu saat menemukan sebuah masalah, sebagai rekan tim mampu membahas dan menemukan solusi dari masalah tersebut dengan baik.

Seperti itulah hal hal yang perlu diketahui sebelum menjadi seorang UI designer. Memang tidak mudah, namun jika memiliki keyakinan dan ketekunan yang tinggi maka tidak ada hal yang mustahil.

Jika kamu ingin menekuni karir sebagai UI designer namun tidak tahu harus mulai darimana, maka eduwork adalah yang tepat untukmu. 

Eduwork adalah platform yang dapat membantu kamu mendapatkan pekerjaan idaman dengan dibantu oleh seorang mentor yang akan membimbing kamu dalam belajar dan berkarir. Ada banyak pilihan kelas yang dapat kamu pilih, baik dari programming sampai UX/UI design.

Lalu tunggu apa lagi? Daftarkan dirimu segera di Eduwork.id dan raih karir impianmu bersama kami.

Untuk info lebih lanjut kunjungi website eduwork.id atau melalui akun sosial media instagram, linkedin dan facebook @eduwork.id.