Mengenal Data Science, Bidang Ilmu yang Menarik Perhatian Banyak Orang

Data science terus berkembang sebagai salah satu pilihan karir yang menarik banyak orang. Data science merupakan ilmu mengumpulkan, menganalisis, dan menafsirkan data dalam jumlah yang sangat

Unamed

Senin, 12 Juli 2021, 2 tahun yang lalu

Mengenal Data Science, Bidang Ilmu yang Menarik Perhatian Banyak Orang

Apa Itu Data Science?

Data science terus berkembang sebagai salah satu pilihan karir yang menarik banyak orang. Data science merupakan ilmu mengumpulkan, menganalisis, dan menafsirkan data dalam jumlah yang sangat besar dengan menggabungkan keahlian di bidang ilmu tertentu dengan keahlian pemrograman, matematika, dan statistik. Seorang profesional yang bertanggung jawab untuk mengumpulkan, menganalisis, dan menafsirkan data dalam jumlah yang sangat besar disebut data scientist.  Saat ini, banyak data scientist yang memahami bahwa mereka harus mengubah keterampilan dalam mengelola data secara tradisional menjadi modern, mulai dari analisis data dengan jumlah banyak, penambahan data, dan keterampilan programming. Data scientist hendaknya dapat mengidentifikasi permasalahan, mengumpulkan data dari banyak sumber berbeda, mengatur informasi, menerjemahkan hasil olah data menjadi solusi, dan mengkomunikasikan temuan mereka untuk kebutuhan bisnis. Maka dari itu, data scientist penting bagi perusahaan. 

Bagaimana science life cycle?

Data scientists harus menguasai data science life cycle dan juga memiliki tingkat pemahaman yang baik dalam pengolahan data untuk keberhasilan dalam organisasi atau perusahaan. 

 

Sumber: https://ischoolonline.berkeley.edu/data-science/what-is-data-science/

Gambar di atas menunjukkan lima tahap dari data science life cycle, yaitu capture (menangkap), maintaining (menjaga),  process (proses), analysis (analisis), communicate (komunikasi). Capture (menangkap) mencakup akuisisi data, entri data, penerimaan sinyal, dan ekstraksi data. Maintaining (menjaga) mencakup penyimpanan data, pembersihan data, penempatan data, arsitektur data, dan pemrosesan data. Process (proses) mencakup penambahan data, pengelompokan/klasifikasi data, pemodelan data, dan peringkasan data. Analysis (analisis) mencakup eksplorasi/konfirmasi, analisis prediktif, regresi, penambahan teks, dan analisis kualitatif. Comunicate (komunikasi) mencakup pelaporan data, visualisasi, intelijen bisnis, dan pengambilan keputusan. 

Apa yang Dilakukan Data Scientist?

Data scientist menjadi hal yang penting bagi setiap organisasi. Para data scientist adalah orang yang berpengetahuan luas dengan keterampilan teknis yang tinggi sehingga mampu menjawab pertanyaan dan memberi solusi terhadap permasalahan dalam organisasi. Data scientist juga hendaknya memiliki rasa ingin tahu tinggi dan berorientasi pada hasil serta memiliki kemampuan komunikasi yang baik agar dapat menjelaskan hasil kepada para pemangku kepentingan. Selain itu, data scientist juga harus suka dengan angka, seperti statistik dan aljabar serta pemrograman. Keterampilan teknis yang harus dimiliki data scientists adalah mulai dari R, Phyton, Apache Hadoop, MapReduce, Apache Spark, NoSQL databases, Cloud computing, D2, GitHub, dan masih banyak lainnya. 

Mengapa Belajar Data Science Penting?

Alasan pertama pentingnya belajar data science adalah karena profesi data scientist merupakan profesi yang menjanjikan. Gaji yang ditawarkan cukup tinggi dan kebutuhan akan data scientist juga banyak mengingat berbagai perusahaan saat ini membutuhkan data science untuk keberhasilan bisnis. Linkedin menyebutkan bahwa data scientist adalah pekerjaan yang paling menjanjikan pada tahun 2017 dan 2018 bersama dengan beberapa beberapa keterampilan yang relevan dengan ilmu data sebagai pekerjaan yang paling dicari oleh perusahaan. 

Alasan selanjutnya adalah data science merupakan pedoman dalam menerapkan strategi bisnis. Informasi akan bermanfaat apabila diolah dengan tepat dengan metode yang tepat pula. Dengan informasi tersebut, perusahaan dapat mengambil keputusan secara tepat dan meminimalisir kesalahan. Perusahaan juga dapat memprediksi kemungkinan-kemungkinan yang mungkin akan datang pada perusahaan sehingga dapat terlebih dahulu mengambil tindakan antisipasi yang sangat bermanfaat bagi perusahaan.

Di tengah era modern yang penuh dengan teknologi, data science menjadi hal yang penting. Dengan data science, seseorang akan mampu menganalisis permasalahan dengan baik dan memiliki kemampuan menyelesaikan masalah dengan tepat. 

Itulah penjelasan tentang data science. Seorang data scientist mempunyai tanggung jawab  yang besar dan peran yang penting dalam perusahaan. Belajar data science akan bermanfaat tidak hanya untuk memberi kontribusi terhadap organisasi, tetapi juga bermanfaat untuk diri sendiri karena dapat meningkatan kemampuan dalam menganalisis data dan menjawab permasalahan berdasarkan dengan data yang ada. 

Untuk kalian yang sedang mencari pekerjaan, Eduwork.id dapat menjadi solusinya. Kalian dapat dibimbing dan ditemani untuk mendapat pekerjaan impian oleh mentor-mentor professional Eduwork.id. Wah, menarik bukan? Gabung dengan Eduowork.id sekarang, temukan mentor kalian, dan raih pekerjaan impian!