Lima Aplikasi yang Dapat Mempermudah Pekerjaan

Dewasa ini, berbagai kegiatan dapat dilakukan dengan lebih mudah dan cepat dengan bantuan teknologi. Perkembangan teknologi berbasis internet memberi solusi terhadap berbagai permasalahan di

Unamed

Senin, 12 Juli 2021, 2 tahun yang lalu

Lima Aplikasi yang Dapat Mempermudah Pekerjaan

Dewasa ini, berbagai kegiatan dapat dilakukan dengan lebih mudah dan cepat dengan bantuan teknologi. Perkembangan teknologi berbasis internet memberi solusi terhadap berbagai permasalahan di kehidupan sehari-hari. Dengan bantuan internet dan gawai, pekerjaan dapat dikerjakan dengan lebih efektif dan efisien.

Eduwork.id akan membagikan tujuh aplikasi yang dapat membantu mempermudah pekerjaan. Lima aplikasi tersebut, yaitu:

1. Trello

Trello adalah aplikasi yang memungkinkan penggunanya mengatur berbagai proyek dengan mudah. Semua orang di proyek dapat berkomunikasi, melihat pekerjaan satu sama lain, dan memonitor pekerjaan orang lain. Terdapat empat fitur utama di Trello, yaitu Boards, Lists, Cards, dan Menu. Boards berisi proyek saat ini dengan lengkap dilengkapi dengan berbagai informasi. Jumlah boards di Trello tidak terbatas, sehingga dapat digunakan untuk menjalankan banyak proyek dengan tim yang berbeda. Cards bermanfaat untuk menampilkan tugas dan ide. List bermanfaat untuk melihat perkembangan proyek. Pengguna dapat mengkategorikan sebagai pekerjaan yang akan dikerjakan, sedang dikerjakan, atau sudah dikerjakan. Menu merupakan pusat pengaturan dari boards yang dapat digunakan untuk mengatur anggota tim dalam proyek, mengatur cards, atau melihat aktivitas anggota tim. Trello membuat pekerjaan menjadi lebih mudah dan terstruktur. 

2. Slack

Slack merupakan aplikasi yang dapat membantu komunikasi kerja dalam sebuah perusahaan. Slack dapat membantu mengirim pesan secara instan yang sangat bermanfaat bagi pekerja kantoran, terutama dalam keadaan pandemi yang mengharuskan pegawai bekerja di rumah. Metode obrolan yang dapat digunakan yaitu channel atau obrolan grup dan direct message atau pesan langsung. Pengguna juga dapat membagikan berbagai dokumen dengan mudah melalui slack.

3. Evernote

Evernote merupakan aplikasi yang dapat digunakan oleh penggunanya untuk membuat catatan, menyimpan ide, mengumpulkan artikel yang ditemukan ketika browsing, dan lain sebagainya. Evernote dapat dibuka kapan saja tanpa koneksi internet dengan kata lain dapat digunakan secara offline. Selain itu, aplikasi ini juga tidak berbayar selama tidak melebihi kuota. Evernote dapat dimanfaatkan untuk menjadi notebook, membuat checklist, menyimpan voice note, menyimpan berbagai lampiran, dan memberikan informasi yang telah disimpan di aplikasi kepada orang lain. Evernote sangat mudah digunakan dan bermanfaat untuk membuat catatan pekerjaan menjadi lebih efisien.

4. Tiny Scanner

Tini Scanner merupakan aplikasi di smartphone yang dapat mengubah dokumen dari hardcopy menjadi softcopy atau bentuk scan. Dengan smartphone saja, pengguna tidak lagi perlu repot beranjak dari kursi dan menggunakan printer untuk membuat dokumen menjadi softcopy karena Tiny Scanner dapat melakukannya secara otomatis, mudah, dan tentunya cepat.

5. Wunderlist

Wunderlist adalah sebuah aplikasi to-do-list (task manager) berbasis cloud. Selama terhubung dengan internet, Wunderlist memungkinkan penggunanya untuk membuat task, melihat, dan mengaturnya di manapun penggunanya berada. Aplikasi ini mempunyai banyak fitur, diantaranya mencatat dan mengatur tugas dalam bentuk daftar yang dikelompokkan, mencatat detail tugas, Menentukan deadline pada tugas, memprioritaskan tugas dengan tanda bintang, dan email reminder. Dengan aplikasi ini pengguna dapat mengatur dan menyelesaikan semua tugas yang harus  dilakukan dengan lebih baik.

Itulah lima aplikasi yang dapat membantu mempermudah pekerjaan. Dengan adanya perkembangan teknologi, pekerjaan tentunya dapat dilakukan secara lebih efektif dan efisien.

Untuk kalian yang tertarik untuk membuat aplikasi ataupun website, kalian bisa bergabung dengan Eduwork.id. Kalian dapat dibimbing dan ditemani oleh mentor yang profesional serta akan dibantu hingga tersalurkan bekerja. Wah, menarik bukan? Gabung dengan Eduowork.id sekarang, temukan mentor kalian, dan raih pekerjaan impian!