Cara Belajar Coding Otodidak dengan Mudah untuk Pemula

coding merupakan kegiatan menerjemahkan logika ke dalam bahasa pemrograman komputer. Seseorang yang melakukan coding disebut dengan coder atau programmer.

Unamed

Senin, 12 Juli 2021, 2 tahun yang lalu

Cara Belajar Coding Otodidak dengan Mudah untuk Pemula

Secara sederhana, coding merupakan kegiatan menerjemahkan logika ke dalam bahasa pemrograman komputer. Seseorang yang melakukan coding disebut dengan coder atau programmer. Saat ini, banyak anak muda yang tertarik belajar coding dan menjadi programmer. Tren belajar coding semakin meningkat setiap tahunnya karena perkembangan teknologi yang semakin modern dan tentu saja membutuhkan banyak programmer. 

Sayangnya, tidak semua anak muda dapat menempuh bangku kuliah dan belajar lebih detail untuk menjadi programmer. Tetapi, di era digital ini, belajar tentunya dapat dilakukan lebih mudah dan juga dapat dilakukan secara mandiri. Eduwork.id akan membagikan cara belajar coding secara otodidak untuk pemula. Cara-cara tersebut, yaitu:

1. Kuasai Konsep Dasar 

Bahasa pemrograman berfungsi untuk membuat suatu program melalui kumpulan kode-kode (sintaks). Contohnya ketika membuka aplikasi TikTok, video-video dapat terlihat dan terdengar karena terdapat kode yang menginstruksikan aplikasi Tiktok untuk memutar video. Nah, dalam belajar pemrograman untuk membuat aplikasi ataupun website, seseorang perlu untuk belajar konsep dasar pemrograman. Konsep tersebut terdiri dari originating, input, process, output, dan distribution. Dengan menguasai konsep pemrograman seseorang tidak hanya dapat membuat aplikasi atau website, tetapi juga dapat menyelesaikan masalah-masalah yang mungkin terjadi yang harus diselesaikan dengan fungsi-fungsi pemrograman. 

2. Improve Kemampuan Bahasa Inggris

Bahasa inggris menjadi salah satu hal yang penting dalam pemrograman. Hal tersebut karena dokumentasi tools dan framework serta tutorial bahasa pemrograman banyak yang ditulis dalam bahasa inggris. Sumber-sumber belajar juga lebih lengkap dalam bahasa inggris dibandingkan dengan bahasa indonesia. Seorang freelancer juga akan mendapat keuntungan khusus bila dapat berbahasa inggris karena dapat mengerjakan proyek dalam skala internasional dan tentu saja pendapatan yang akan dihasilkan lebih besar.

3. Susun Jadwal Belajar

Musuh terbesar dalam hidup adalah diri sendiri, salah satunya adalah rasa malas dalam diri. Untuk mengatasi hal tersebut, diperlukan motivasi yang kuat yang dibarengi dengan adanya jadwal belajar agar tercipta konsistensi dalam belajar coding. Buatlah jadwal belajar rutin dan target yang ingin dicapai. Luangkan waktu setiap hari untuk belajar dan berusahalah untuk konsisten untuk menekuninya agar hasil yang didapatkan maksimal. 

4. Praktikan Hal yang Telah Dipelajari

Belajar coding tidak hanya dapat dilakukan dengan membaca buku atau membaca artikel di internet saja. Belajar coding tentunya harus dipraktikkan. Praktikkan hal-hal yang sudah dipelajari dan cobalah membuat fungsi yang belum pernah dibuat sebelumnya. Semakin banyak berlatih, kemampuan tentunya semakin terasah dengan baik. 

5. Ikut Pelatihan

Saat ini, banyak pelatihan programming yang diadakan secara online dan gratis. Carilah informasi pada media sosial dan ikuti kegiatan-kegiatan pelatihan tersebut untuk menambah ilmu dan relasi. Jika ingin pelatihan yang benar-benar intensif, seseorang dapat mengikuti kelas kursus atau training berbayar yang menyediakan mentor untuk membantu belajar seputar coding. Carilah sebanyak mungkin informasi dan banyak ikuti kegiatan yang sesuai dengan kemampuanmu baik dari segi biaya maupun waktu.

6. Gabung dengan Komunitas yang Mendukung

Bergabung dengan komunitas orang-orang yang juga sedang belajar coding atau bergabung dengan komunitas programmer tentunya akan menambah semangat belajar. Dengan bergabung dengan komunitas seperti ini, tentunya akan menambah wawasan dan ilmu baru serta relasi yang tentunya bermanfaat. Coba carilah komunitas-komunitas di media sosial dan mulai bergabunglah.

Itulah enam cara untuk belajar coding secara otodidak. Menjadi programmer dapat diraih dengan belajar mandiri. Niat dan usaha adalah kuncinya. Teruslah belajar dan praktik agar kemampuan bisa terus berkembang. Jangan lupa untuk intropeksi, memperbaiki kesalahan, dan bertanya kepada orang yang lebih mahir dalam per-coding-an. 

Ingin menjadi programmer? Eduwork.id adalah jawabannya. Kalian dapat dibimbing dan ditemani untuk belajar menjadi programmer bahkan ditemani untuk  mendapat pekerjaan impian oleh mentor-mentor professional Eduwork.id. Wah, menarik bukan? Gabung dengan Eduowork.id sekarang, temukan mentor kalian, dan raih pekerjaan impian!