Tips Cepat Mendapatkan Pekerjaan untuk Fresh Graduate

Seleksi karyawan ketika pandemi menjadi lebih ketat dan diperlukan persiapan yang maksimal untuk mendapatkan pekerjaan yang diinginkan.

Unamed

Senin, 12 Juli 2021, 2 tahun yang lalu

Tips Cepat Mendapatkan Pekerjaan untuk Fresh Graduate

Salah satu masalah yang dihadapi oleh fresh graduate adalah sulit mendapat pekerjaan. Terlebih di masa pandemi COVID-19 seperti saat ini, banyak perusahaan yang mengurangi karyawan dan tidak membuka lowongan pekerjaan sebanyak sebelum pandemi. Seleksi karyawan pada perusahaan menjadi lebih ketat dan diperlukan persiapan yang maksimal untuk mendapatkan pekerjaan yang diinginkan.

Eduwork.id akan membagikan lima tips cepat mendapatkan pekerjaan bagi fresh graduate agar segera mendapat posisi kerja pada perusahaan impian. Lima tips tersebut, yaitu:

1. Datangi dan Ikuti Kegiatan yang diadakan oleh Career Center Universitas

Pada umumnya, di career center terdapat orang-orang yang dapat memberikan konseling bagi fresh graduate. Para fresh graduate dapat berkonsultasi berbagai hal yang berhubungan dengan proses mendapatkan pekerjaan. Fresh graduate dapat menanyakan lowongan pekerjaan, meminta saran mengenai surat lamaran, CV, dan bahkan wawancara. Tidak hanya itu, fresh graduate juga dapat meminta bantuan untuk mendapat koneksi kepada alumni yang telah bekerja di perusahaan incaran fresh graduate agar lebih mudah memperoleh informasi. 

Career Center biasanya juga membuat acara untuk membantu mahasiswa tingkat akhir atau mahasiswa yang baru lulus agar segera mendapatkan pekerjaan. Di tengah pandemi ini, Career Center tentunya membuat kegiatan dilakukan secara online yang dapat diikuti dari mana saja, contohnya adalah seminar. Ikuti kegiatan-kegiatan yang diadakan oleh Career Center tersebut agar mendapatkan lebih banyak wawasan dan juga relasi yang mempermudah mendapatkan pekerjaan impian. 

2. Perluas Relasi

Tidak dapat dipungkiri bahwa relasi adalah hal yang penting. Dengan relasi, mahasiswa dapat terhubung dengan banyak orang yang sudah lebih dahulu menekuni pekerjaan pada bidang tertentu. Ikuti banyak kegiatan yang berhubungan dengan pekerjaan, seperti seminar gratis yang diadakan oleh perusahaan-perusahaan terkemuka. Selain itu, memperluas relasi juga dapat dilakukan melalui linkedin. Linkedin merupakan media untuk membranding diri secara profesional. Connect-lah dengan para HR perusahaan, orang-orang profesional yang bekerja pada bidang yang diincar, dan orang-orang yang bekerja pada perusahaan yang diinginkan. Di linkedin banyak pula orang yang membagikan ilmu mengenai cara melewati serangkaian proses seleksi dengan baik dan juga orang yang membagikan lowongan pekerjaan. Perluas relasi semaksimal mungkin, baik secara online maupun offline

3. Ikuti Kegiatan Magang dan Volunteer

Bila fresh graduate sudah berusaha dengan maksimal untuk mendaftar pekerjaan impian tetapi belum kunjung mendapatkannya, fresh graduate dapat mengikuti kegiatan magang, baik dibayar ataupun tidak. Dengan pengalaman magang pada perusahaan, setidaknya fresh graduate akan mendapatkan pengalaman kerja secara nyata pada perusahaan. Pengalaman tersebut tentunya bermanfaat untuk branding diri dan dapat dicantumkan pada CV sehingga nilai plus pada diri akan bertambah.  

Selain magang, dapat juga mengikuti kegiatan volunteer. Dengan kegiatan volunteer, fresh graduate membuktikan bahwa dirinya peka terhadap permasalahan dan ingin berkontribusi sesuai dengan kemampuannya. Lagi-lagi hal ini akan memberikan nilai plus pada diri. 

4. Ikuti Job Fair

Job fair merupakan suatu event dimana berbagai perusahaan berkumpul menjadi satu dalam suatu venue untuk mencari kandidat-kandidat karyawan yang tepat secara langsung (on the spot). Lakukan persiapan dengan maksimal sebelum mengikuti job fair. Updatelah CV sesuai dengan prestasi dan pengalaman terbaru dan siapakan lamaran pekerjaan yang baik serta menarik.

5. Maksimalkan Teknologi

Pada era digital seperti saat ini, banyak media yang dapat digunakan untuk mendapatkan pekerjaan. Contohnya linkedin, instagram, dan website-website yang secara legal memberikan informasi mengenai lowongan pekerjaan. Dengan berbagai kemudahan teknologi saat ini, yang diperlukan adalah niat dan ketekunan mendapatkan pekerjaan. Buatlah target untuk melamar pekerjaan dalam sehari. Contohnya dalam satu hari harus mengirim lima lamaran pekerjaan. Dengan begitu, kesempatan mendapatkan pekerjaan akan lebih luas. 

Itulah  lima tips cepat mendapatkan pekerjaan bagi fresh graduate agar segera mendapat posisi kerja pada perusahaan impian. Banyak jalan untuk mendapatkan pekerjaan yang diimpikan. Ketekunan dalam berusaha dan doa adalah kuncinya. Jangan menyerah dan terus berusaha untuk mendapat pekerjaan yang diharapkan.

Untuk kalian yang sedang mencari pekerjaan, Eduwork.id dapat menjadi solusinya. Kalian dapat dibimbing dan ditemani untuk mendapat pekerjaan impian oleh mentor-mentor professional Eduwork.id. Wah, menarik bukan? Gabung dengan Eduowork.id sekarang, temukan mentor kalian, dan raih pekerjaan impian!