5 Sertifikasi Digital Marketing untuk Memulai Karir

Sertifikasi digital marketing saat ini bisa didapatkan dengan mudah. Terdapat banyak tempat yang menyediakan sertifikasi digital marketing, baik berbayar maupun gratis.

Unamed

Senin, 12 Juli 2021, 2 tahun yang lalu

5 Sertifikasi Digital Marketing untuk Memulai Karir

Digital marketing menjadi salah satu pekerjaan yang diimpikan banyak orang. Persaingan mendapatkan pekerjaan pada posisi digital marketing tentunya cukup ketat. Maka dari itu, seseorang yang berniat memiliki karir pada posisi digital marketing hendaknya memiliki sertifikasi digital marketing.

Sertifikasi digital marketing saat ini bisa didapatkan dengan mudah. Terdapat banyak tempat yang menyediakan sertifikasi digital marketing, baik berbayar maupun gratis. Eduwork.id akan membagikan situs yang dapat digunakan untuk mendapatkan sertifikasi digital marketing. Lima situs tersebut, yaitu:

1. Google Digital Garage

Google digital garage merupakan program online course bersertifikat yang diadakan oleh Google dan Digital Garage. Online course ini menampilkan video overview seputar marketing yang dapat diakses secara gratis. Pada online course ini terdapat 26 modul mengenai digital marketing. Setelah melihat model, seseorang dapat langsung mengerjakan assignment untuk mengukur pengetahuan yang telah dipelajari. Setelah menyelesaikan semua video dan assignment, maka sertifikat akan didapatkan. 

2. Google Analytics Academy

Google Analytics merupakan layanan dari Google yang menampilkan statistik pengunjung situs web atau aplikasi mobile. Google analytics menjadi tools digital marketing yang hendaknya dipahami oleh setiap perusahaan dan pelaku bisnis yang memasarkan produk atau jasa secara online. Dengan tools ini, digital marketer dapat mengolah data menjadi informasi yang dapat digunakan sebagai pedoman dalam mengambil keputusan. 

Dengan sertifikasi Google Analytics Academy, kemampuan seseorang dalam membaca data dan mengubah menjadi informasi penting akan terbukti dan diakui. Google Analytics Academy membantu mempelajari Google's measurement tools sehingga sehingga seseorang dapat mengembangkan bisnis melalui pengumpulan dan analisis data yang tepat. Terdapat enam modul yang dapat dipelajari melalui Google Analytics Academy, mulai dari level beginner hingga advanced. 

3. HubSpot Academy

HubSpot Academy adalah edukasi dan pelatihan yang diadakan oleh HubSpot di mana setiap orang dapat mengikuti kursus video sesuai permintaan yang terkait dengan pemasukan penjualan, digital marketing, dan desain situs web untuk terus meningkatkan pengetahuan mereka dan mendapatkan sertifikasi dalam berbagai topik industri. Sertifikasi HubSpot Academy dapat dikatakan sangat bagus di mata senior digital marketing dan pebisnis. Sertifikasi dari HubSpot academy telah digunakan oleh puluhan digital marketer di dunia. Untuk mendapatkan sertifikasi ini pun sangat mudah, cukup dengan melakukan pendaftaran, membaca teori yang sudah tersedia, dan menjawab pertanyaan saja. 

4. Facebook Blueprint

Facebook merupakan salah satu media sosial yang paling banyak digunakan oleh masyarakat. Facebook memungkinkan penggunanya untuk saling berinteraksi dengan pengguna lain di seluruh dari berbagai penjuru dunia. Tidak hanya membuat media yang digemari banyak orang, Facebook juga membuat Facebook Blueprint. Facebook Blueprint merupakan merupakan kegiatan dari Facebook yang menyediakan pembelajaran online, program pelatihan, dan sertifikasi yang dapat membantu memaksimalkan platform marketing Facebook secara lebih maksimal. 

Pada Facebook Blueprint, seseorang bisa mendapatkan sertifikat dari delapan modul setelah melewati skor minimal 800 pada setiap modulnya. Sertifikasi ini hanya berlaku selama satu tahun dan dapat diperbarui setiap tahunnya dengan mengambil ulang modulnya. Sertifikasi ini dibayar sebesar $150, tetapi cukup worth it dengan ilmu dan manfaat yang didapatkan. 

5. Sertifikasi Digital Marketing BNSP

BNSP merupakan singkatan dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi, yaitu badan independen  yang bertanggung jawab kepada Presiden yang memiliki kewenangan sebagai otoritas sertifikasi personil dan bertugas melaksanakan sertifikasi kompetensi profesi bagi tenaga kerja. Sertifikasi dari BNSP bisa didapatkan dengan biaya Rp1.000.000. Seseorang bisa mendapat modul yang lengkap mengenai materi yang digital marketing yang telah disesuaikan dengan kebutuhan industri dan mendapatkan banyak manfaat lainnya. Sertifikasi ini berlaku selama tiga tahun.

Itulah lima sertifikasi yang dapat diperoleh secara gratis maupun berbayar. Semua sertifikasi tersebut bisa didapatkan secara online dengan mengunjungi website masing-masing organisasi atau lembaga. Sertifikasi saat ini memang cukuplah penting, terutama untuk seseorang yang hendak melamar pekerjaan. Sertifikasi ini dapat digunakan untuk mengukur kemampuan dan membuktikan keseriusan seseorang dalam menekuni bidang digital marketing. 

Untuk kalian yang sedang mencari pekerjaan, Eduwork.id dapat menjadi solusinya. Kalian dapat dibimbing dan ditemani untuk mendapat pekerjaan impian oleh mentor-mentor professional Eduwork.id. Wah, menarik bukan? Gabung dengan Eduowork.id sekarang, temukan mentor kalian, dan raih pekerjaan impian!