Instagram Bisnis: Solusi untuk Meningkatkan Penjualan

Instagram adalah salah satu media sosial favorit yang dapat digunakan sebagai media promosi untuk barang dan jasa saat ini.

Unamed

Senin, 12 Juli 2021, 2 tahun yang lalu

Instagram Bisnis: Solusi untuk Meningkatkan Penjualan

Instagram adalah salah satu media sosial favorit yang dapat digunakan sebagai media promosi untuk barang dan jasa saat ini. Instagram menyediakan banyak fitur yang sangat bermanfaat untuk mengenalkan produk kepada masyarakat secara luas, seperti instagram story, feeds, dan highlight. Tidak hanya itu, instagram juga membuat instagram bisnis yang dapat mempermudah upaya promosi online.

Banyak keuntungan yang akan didapatkan oleh perusahaan atau perintis usaha ketika menggunakan instagram bisnis. Eduwork akan menyampaikan penjelasan tentang instagram bisnis mulai dari langkah-langkah membuat akun instagram bisnis, keuntungan yang didapat ketika menggunakan instagram bisnis, dan cara menarik pelanggan dengan instagram bisnis. Berikut adalah penjelasannya.

Langkah-Langkah Membuat Akun Instagram Bisnis

Terdapat enam langkah utama dalam membuat akun instagram bisnis, yaitu:

1. Login akun Instagram 

Lakukan login menggunakan akun instagram yang sudah didaftarkan sebelumnya. 

2. Buka halaman Settings

Setelah berhasil login, masuklah ke halaman akun dan klik settings. Setelah itu scroll ke bawah dan klik switch to personal akun. 

3. Tentukan Kategori Bisnis

Pada tahap ini, terdapat dua pilihan jenis profil, yaitu creator dan business. Pilihlah business. Kemudian akan muncul pilihan kategori bisnis, pilih atau ketik kategori sesuai yang diinginkan. Selanjutnya, klik next.

4. Mengisi data kontak dan lokasi bisnis

Isilah data kontak dan lokasi bisnis dengan tepat, kemudian klik next. 

5. Menghubungkan ke Facebook Page

Pada tahap ini, pengguna dapat menghubungkan akun instagram dengan akun facebook. Menghubungkan instagram dengan facebook adalah opsional, jika pengguna ingin melakukanya dapat mengisi data yang diminta, tetapi bila tidak dapat melewati dengan klik Don’t connect to Facebook Now.

6. Melengkapi data profil

Selanjutnya, lengkapi data profil, yaitu nama, username, alamat website (opsional), bio, dan foto profil. Jika selesai, klik Done. 

Keuntungan Instagram Bisnis

Instagram bisnis memberikan beberapa keuntungan yang tidak bisa didapatkan dengan menggunakan instagram pribadi. Beberapa keuntungan memanfaatkan instagram bisnis, yaitu:

1. Dapat Melihat Insight

Pengguna instagram bisnis dapat melihat performa akunnya melalui insight. Insights adalah sebuah tools analytics yang menunjukkan data setiap aktivitas yang terjadi di halaman akun. Pengguna instagram bisnis dapat melihat kenaikan followers dalam beberapa waktu terakhir, dan demografi followers seperti persentase usia followers dan persentase gender followers

2. Instagram Ads

Instagram bisnis memudahkan penggunanya untuk melakukan pengiklanan. Pengguna instagram bisnis dapat melakukan pengiklakan dengan mengatur sendiri target audiens. Misalnya pengguna memilih target audience usia 17-35 tahun, jenis kelamin wanita, domisili Jakarta, maka instagram akan melakukan pengiklanan sesuai dengan spesifikasi yang telah ditentukan audiens. Iklan akan muncul ketika target audiens melakukan scrolling pada timeline atau muncul di sela-sela story target audiens.

3. Kontak dan Email pada Akun

Salah satu keuntungan menggunakan instagram bisnis adalah adanya kontak dan email yang dapat dengan mudah dihubungi hanya dengan mengklik pada page profil pengguna instagram bisnis. Dengan hal ini, orang-orang yang hendak berinteraksi lebih lanjut akan lebih mudah dalam menghubungi. 

4. Informasi Kategori Bisnis

Informasi kategori bisnis memudahkan audiens mengetahui jenis bisnis yang ditawarkan. Informasi ini akan muncul pada bio instagram sesuai dengan yang telah diatur ketika mendaftarkan akun sebagai akun instagram bisnis sebelumnya. 

 Cara Menarik Pelanggan dengan Instagram Bisnis

1. Tentukan Target Audiens yang Tepat

Menentukan target audiens adalah hal yang penting. Hal ini bertujuan agar konten yang dibuat nantinya sesuai dengan hal yang diminati oleh audiens. Misalnya menjual pakaian untuk remaja perempuan, konten dapat dibuat dengan warna-warna earth tone dan disesuaikan dengan tren anak muda saat ini. Selain itu, menentukan target audiens yang tepat juga berpengaruh terhadap pengiklanan. Ketika melakukan iklan berbayar di instagram, menentukan audiens secara jelas dan spesifik adalah hal yang penting. Hal tersebut bertujuan agar konten dapat sampai kepada audiens yang benar dan audiens mampu memberi feedback positif seperti mengikuti atau membeli produk yang ditawarkan.

2. Optimalkan Bio Instagram Bisnis

Bio pada instagram hanya dapat diisi maksimal 150 karakter. Tetapi hal tersebut tidak menjadi halangan. Isilah bio dengan tagline atau kalimat yang mudah diingat dan memberikan kesan yang positif. 

3. Jadwalkan Postingan Secara Rutin

Melakukan posting juga ada triknya, loh. Pilihlah waktu di mana kebanyakan orang sedang bersantai dan kerap membuka sosial media. Misalnya pukul tujuh malam di mana orang-orang telah pulang kerja dan sudah dalam waktu beristirahat. Susunlah konten-konten yang menarik dan jadwalkan secara rutin. Instagram juga mempunyai fitur untuk menjadwalkan postingan dan nantinya instagram akan memposting postingan secara otomatis di waktu yang telah ditentukan. Manfaatkan fitur tersebut agar postingan terunggah secara konsisten.

4. Buatlah Konten yang Up-to-date dan Bermanfaat

Membuat konten haruslah yang menarik mata dan menyesuaikan dengan tren yang ada. Selain itu buatlah konten yang memberikan wawasan baru kepada audiens. Contohnya adalah ketika menjual baju, unggahlah pula tips mencuci dan menyetrika baju agar baju tidak mudah rusak. Dengan begitu, selain konten yang dibuat menarik karena mengikuti perkembangan zaman, konten yang yang dibuat juga memberikan pengetahuan baru yang bermanfaat bagi audiens. 

5. Memanfaatkan Semua Fitur 

Instagram menyediakan banyak fitur, mulai dara instagram feeds, story, igtv, dan instagram shop. Aktiflah dalam menggunakan fitur-fitur tersebut dalam mengunduh konten. Selalu terapkan call-to-action di akhir konten agar dapat menarik audiens. Lakukan analisis pada setiap fitur yang digunakan agar dapat melihat perkembangan. 

Itulah serba-serbi mengenai instagram untuk meningkatkan penjualan. Instagram telah menyediakan berbagai fitur yang sangat berguna untuk meningkatkan penjualan. Dengan memanfaatkannya dengan baik, hasil dari usaha yang dilakukan pasti akan maksimal.

Untuk kalian yang sedang mencari pekerjaan, Eduwork.id dapat menjadi solusinya. Kalian dapat dibimbing dan ditemani untuk mendapat pekerjaan impian oleh mentor-mentor professional Eduwork.id. Wah, menarik bukan? Gabung dengan Eduowork.id sekarang, temukan mentor kalian, dan raih pekerjaan impian!