Apa Itu Digital Marketing?

Pada era modern ini, digital marketing merupakan hal yang penting dalam suatu organisasi. Digital marketing pada umumnya mengacu kepada pemasaran yang akan terlihat pada perangkat elektronik.

Unamed

Senin, 12 Juli 2021, 2 tahun yang lalu

Apa Itu Digital Marketing?

Pada era modern ini, digital marketing merupakan hal yang penting dalam suatu organisasi. Digital marketing pada umumnya mengacu kepada pemasaran yang akan terlihat pada perangkat elektronik, seperti di komputer, ponsel, tablet, dan perangkat elektronik lainnya. Bentuk pemasarannya pum bermacam-macam, seperti iklan video dan foto. Digital marketing selalu menerapkan komunikasi secara digital kepada audiens.

Pengertian Digital Marketing

Digital marketing adalah kegiatan promosi barang atau jasa yang ditujukan kepada pelanggan potensial dengan memanfaatkan internet dan bentuk komunikasi digital lain. Pada umumnya digital marketing memanfaatkan media sosial, SEO, email, dan aplikasi mobile untuk melakukan pemasaran. 

Tipe Digital Marketing

Pada digital marketing, terdapat banyak spesialisasi bidang yang menggunakan media digital, Beberapa diantaranya adalah:

1. Search Engine Optimization (SEO)

Search Engine Optimization atau SEO adalah salah satu tool dalam marketing. Search Engine Optimization atau SEO berperan untuk mengoptimalkan website agar mendapatkan peringkat teratas dalam pencarian. Dalam SEO, tidak ada aturan khusus agar website mendapatkan peringkat yang tinggi dalam pencarian. Hal tersebut karena google selalu mengubah algoritmanya. Hal yang perlu dilakukan adalah memantau kinerja halaman website dan melakukan penyesuaian agar berada pada posisi atas.

2. Content Marketing

Content marketing adalah teknik pemasaran untuk membuat dan mendistribusikan konten yang bernilai, relevan, dan konsisten untuk menarik pelanggan potensial. Tujuan utama konten marketing tentunya yaitu untuk mempengaruhi audiences agar menjadi customers. Penulis konten marketing harus dapat berpikir secara kreatif dan inovatif agar pesan dapat secara singkat, padat, dan jelas diterima oleh audiens. Content marketing harus dibuat menarik, agar audiens tertarik untuk membaca, membagikan kepada orang lain, dan berinteraksi lebih lanjut dengan suatu produk atau jasa.

3. Social Media Marketing

Social media marketing berarti mengarahkan traffic dan brand awareness dengan melibatkan orang dalam media sosial. Secara sederhana, digital marketing adalah proses pemasaran dengan memanfaatkan media sosial sebagai media utama untuk menyampaikan pesan kepada audiens. Platform yang paling banyak dimanfaatkan dalam social media marketing diantaranya adalah facebook, twitter, dan instagram.

4. Email Marketing

Email marketing merupakan salah satu cara pemasaran dengan mengirim pesan promosi dengan tujuan agar audiens tertarik menggunakan barang atau jasa yang ditawarkan. Pesan yang dibuat harus dikemas secara baik audiens memaknai pesan tidak hanya sebagai promosi saja tetapi juga sebagai pesan yang mempunyai nilai. 

Mengapa Digital Marketing Penting?

Di era teknologi saat ini, hampir semua masyarakat menggunakan media digital dalam kegiatannya sehari-hari. Maka dari itu, memanfaatkan digital marketing perusahaan dapat menjangkau target pelanggan lebih luas secara efektif dan efisien. Digital marketing juga dapat memberikan informasi yang rinci mengenai pelanggan dengan memanfaatkan Google Analytics atau fitur lainnya. Dengan begitu, perusahaan dapat mengembangkan barang atau jasa sesuai dengan tren dan kebutuhan. 

Untuk kalian yang sedang mencari pekerjaan atau ingin mempelajari dan memperdalam skill agar lebih mudah diterima kerja, Eduwork.id dapat menjadi solusinya. Kalian dapat dibimbing dan ditemani untuk mendapat pekerjaan impian oleh mentor-mentor professional Eduwork.id. Wah, menarik bukan? Gabung dengan Eduowork.id sekarang, temukan mentor kalian, dan raih pekerjaan impian!