Web Developer: Pekerjaan Impian Banyak Orang

Web developer atau pengembang web adalah orang yang bekerja untuk merancang, membuat, dan memelihara situs web dan aplikasi web.

Unamed

Senin, 12 Juli 2021, 2 tahun yang lalu

Web Developer: Pekerjaan Impian Banyak Orang

Web developer atau pengembang web adalah orang yang bekerja untuk merancang, membuat, dan memelihara situs web dan aplikasi web. Saat ini, banyak perusahaan membutuhkan web developer sebagai sarana pemasaran suatu produk atau jasa dan juga untuk tujuan tertentu lainnya. Web developer bertanggung jawab atas tampilan situs, aspek teknis situs seperti kinerja dan kapasitasnya yang mengukur kecepatan situs web, serta seberapa banyak traffic yang dapat ditangani situs.

Semakin meningkatnya ilmu pengetahuan dan teknologi, semakin banyak pula perusahaan yang mencari web developer untuk mengembangkan website perusahaan. Gaji seorang web developer cukup beragam, setiap perusahaan mempunyai kriteria tugas dan gaji tersendiri sehingga tidak dapat dipukul rata. Menurut situs web Neuvoo, gaji rata – rata seorang web developer di Indonesia mencapai Rp 6.000.000,- per bulannya. Dan jika dihitung per tahun, maka menghasilkan nominal sebesar Rp 72.000.000,-.

Dalam web developer, terdapat sub bagian yang mempunyai tugas berbeda. Eduwork.id akan memberikan penjelasan tentang tugas dari sub bagian developer. Berikut adalah penjalannya:

1. Front-End Developer

Front-end developer adalah orang yang bertanggung jawab atas tampilan depan website termasuk dalam mengelola user interface dan user experience yang baik bagi user website. Terdapat tiga bahasa pemrograman utama yang harus dipahami oleh Front-end developer, yaitu HTML, CSS, dan JavaScript. 

Pada umumnya, Front-end developer bekerja bersama designer untuk membuat mockups dari pengembangan website hingga website telah jadi. Front-end developer hendaknya juga dapat mengidentifikasi permasalahan pada user experience sehingga dapat menciptakan website yang user friendly. 

Contoh pekerjaan dari front-end developer adalah ketika user mengunjungi halaman utama website eduwork.id. Front-end developer membuat tampilan depan website eduwork.id dengan menggunakan bahasa pemrograman sehingga tampilan terlihat rapi dan menarik.

2. Back-End Developer

Back-end developer adalah orang yang bertanggung jawab dalam membuat dan mengelola teknologi yang mendukung komponen server, aplikasi, dan database dengan tujuan agar front-end website dapat dibuat. Bahasa pemrograman yang digunakan oleh back-end developer pada umumnya adalah PHP, Ruby, Java, Python, dan .Net dengan tujuan untuk mencari, menyimpan atau mengubah data, dan menyajikannya ke coding front-end. 

Contoh pekerjaan back-end developer adalah ketika terdapat pengunjung website pada website eduwork.id, server eduwork.id akan mengirimkan informasi ke komputer dan device pengunjung sehingga pengunjung dapat melihat tampilan website. 

3. Full-stack Developer

Full-stack developer adalah orang yang bertanggung jawab dalam proses membuat produk aplikasi website, baik dari sisi front end maupun backend. Pada umumnya, Full-stack developer memahami semua bahasa pemrograman, mulai dari HTML hingga Python. Dengan pemahaman tersebut, full-stack developer dapat mengetahui solusi yang terbaik untuk front-end developer maupun back-end developer. 

Web developer mempunyai cakupan yang cukup luas dengan tujuan utama membuat dan mengembangkan website. Beberapa kriteria untuk orang yang ingin menjadi web developer adalah mampu untuk mengerjakan sesuatu secara detail, mempunyai inisiatif dalam problem solving yang baik, dapat berkomunikasi dengan baik, dan mau untuk terus belajar.

Seiring perkembangan teknologi, banyak perusahaan yang mencari web developer. Jika kamu adalah salah satu orang yang ingin mendalami pekerjaan sebagai web developer atau tertarik untuk bekerja sebagai web developer, kamu dapat bergabung menjadi bagian dari eduwork.id. Eduwork.id mampu mempertemukan kamu dengan mentor yang mampu membimbing hingga kamu menemukan pekerjaan impianmu. Wah, menarik bukan? Gabung bersama Eduwork.id sekarang!