Strategi Mengelola Keuangan Bulanan agar Masa Depan Tenang

Mengelola keuangan adalah kemampuan yang penting untuk dimiliki oleh setiap orang. Namun, mengatur keuangan memang tidak semudah yang dibayangkan.

Unamed

Senin, 12 Juli 2021, 2 tahun yang lalu

Strategi Mengelola Keuangan Bulanan agar Masa Depan Tenang

Mengelola keuangan adalah kemampuan yang penting untuk dimiliki oleh setiap orang. Namun, mengatur keuangan memang tidak semudah yang dibayangkan. Banyak tantangan dan godaan untuk bisa mengatur keuangan setiap gaji bulanan diterima. Maka dari itu,  Eduwork.id akan membagikan tips untuk membantu mengelola keuangan bulanan agar pengeluaran tidak lebih dari pemasukan dan hidup menjadi lebih tenang. Berikut adalah tips yang dapat dilakukan:

 

1. Buat Anggaran Biaya Setiap Bulan

Pahami kebutuhan primer, sekunder, dan tersier. Pastikan bahwa kebutuhan primer seperti makan, biaya tempat tinggal, pakaian, dan hal-hal lain yang tidak dapat dinomorduakan telah mendapat anggaran yang cukup dan tidak sampai kurang. Kemudian disusul dengan kebutuhan sekunder. Kebutuhan sekunder merupakan kebutuhan penunjang yang dapat dipenuhi setelah kebutuhan primer, contohnya adalah hiburan dan pendidikan. Kebutuhan terakhir yang dapat dianggarkan adalah kebutuhan tersier. Kebutuhan tersier dapat dianggap sebagai kebutuhan yang mewah, contohnya adalah membeli mobil terbaru. 

Kebutuhan setiap orang tentu berbeda, oleh karena itu penting untuk bisa memahami kebutuhan diri sendiri. Contohnya ada seseorang yang harus menggunakan skincare tertentu setiap bulannya karena kulit yang sensitif, sehingga kebutuhan skincare masuk dalam kebutuhan primer. Sedangkan ada seseorang yang tidak harus menggunakan skincare tetapi jika menggunakan akan merasa lebih baik, maka kebutuhan tersebut dapat masuk kebutuhan sekunder. Kuncinya anggarkan biaya sesuai dengan kebutuhan dan jangan menghabiskan biaya untuk mengikuti keinginan karena keinginan manusia tidak ada habisnya. 

2. Sisihkan Uang untuk Menabung

Menabung adalah hal yang penting, dengan menabung maka kita akan memiliki dana darurat. Dengan adanya dana darurat ketika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, setidaknya terdapat dana yang dapat digunakan untuk tetap bertahan hingga kondisi membaik. Ketika mendapat gaji, menyisihkan uang untuk ditabung adalah hal yang wajib. Ketimbang digunakan untuk bersenang-senang sesaat, lebih baik uang tersebut digunakan untuk menyusun masa depan yang lebih baik. 

Perencana keuangan atau financial planner, Mimien Soesanto, menyebut bahwa terdapat formula '10 20 30 40' yang bisa digunakan untuk mengalokasikan uang gaji. Mimien menjelaskan bahwa gaji sebaiknya digunakan 10 persen untuk sedekah, 20 persen untuk tabungan dan investasi, 30 persen untuk cicilan atau hutang, dan 40 persen untuk biaya hidup. Tetapi perlu diketahui bahwa tidak semua orang memiliki cicilan atau hutang. Jika memang tidak mempunyai cicilan atau hutang, Mimien menyarankan dana tersebut dialihkan ke tabungan atau investasi.

3. Buat Catatan Keuangan

Membuat catatan keuangan perlu dilakukan untuk mengetahui siklus uang masuk dan keluar. Saat ini banyak aplikasi pada gawai ataupun buku yang dapat digunakan untuk mencatat keuangan dengan mudah. Dengan mengetahui catatan keuangan, seseorang akan paham uang sudah habis berapa dan untuk apa sehingga dapat digunakan untuk bahan evaluasi setiap bulan. Mencatat keuangan dapat dilakukan setiap hari dan direkap setiap minggu agar tidak terjadi kesalahan karena sifat manusia yang mudah lupa. 

4. Lakukan Investasi

Ketika terdapat uang lebih setiap bulan, uang tersebut dapat diinvestasikan. Investasi dapat membawa pada masa depan yang lebih baik apabila seseorang mau belajar. Contoh orang yang sukses karena investasi adalah Warren Buffet. Warren Buffet adalah salah satu orang yang berhasil kaya raya dari investasi saham, ia bahkan menjadi orang terkaya nomor 3 di dunia. Dengan investasi, uang dapat bekerja untuk seseorang, tidak lagi seseorang bekerja untuk uang. 

5. Beri Self Reward Sesuai Kemampuan

Ketika mendapatkan gaji, seseorang cenderung ingin memberi diri sendiri reward setelah satu bulan bekerja. Beri reward secukupnya untuk diri sendiri. Ingatlah bahwa masa depan masih panjang. Jangan mengikuti gaya hidup atau kemampuan orang lain dalam memberi reward. Dengan menjadi diri sendiri hidup akan lebih bahagia dan keuangan juga akan tetap berjalan baik. 

Itulah strategi mengelola uang yang dapat diterapkan. Hargai pekerjaan dengan bijak dalam mengelola uang. Dengan mengelola uang dengan tepat, kehidupan akan menjadi lebih baik dan tenang. Uang dapat menjadi manfaat bagi seseorang atau justru menjadi boomerang. Maka dari itu bijak dalam mengelola uang setelah gajian adalah hal yang penting.

Ingin mer asakan mendapat gaji dan menerapkan strategi mengelola uang? Eduwork.id dapat membantu kamu untuk mendapatkan pekerjaan yang kamu impikan. Eduwork.id akan membantu mempertemukan kamu dengan mentor yang berpengalaman untuk menemani kamu mendapatkan pekerjaan. Wah, menarik bukan? Bergabunglah bersama eduwork.id secara gratis sekarang dan  temukan mentor idamanmu yang dapat menemanimu mengejar pekerjaan impian.