Pentingnya Skill Komunikasi untuk Karir

komunikasi merupakan suatu proses di mana seseorang (komunikator) menyampaikan stimulus (biasanya dalam bentuk kata-kata) dengan tujuan mengubah atau membentuk perilaku orang lainnya (khalaya

Unamed

Senin, 12 Juli 2021, 2 tahun yang lalu

Pentingnya Skill Komunikasi untuk Karir

Menurut Jenis & Kelly (operatic soprano and voice teacher), komunikasi merupakan suatu proses di mana seseorang (komunikator) menyampaikan stimulus (biasanya dalam bentuk kata-kata) dengan tujuan mengubah atau membentuk perilaku orang lainnya (khalayak). Keterampilan komunikasi memang sangat penting. Hal tersebut karena manusia adalah makhluk sosial yang pastinya membutuhkan orang lain untuk keberlangsungan hidupnya. Skill komunikasi membantu manusia dalam menjalani hidup, termasuk dalam proses berkarir. 

 

Mengapa Skill Komunikasi Penting?

Skill komunikasi mempermudah seseorang untuk berinteraksi dengan orang lain secara efektif. Dalam sebuah tim, komunikasi yang efektif dengan anggota tim akan menumbuhkan kepercayaan, memperkuat hubungan profesional, mendorong kerja sama, dan membantu untuk seseorang lebih produktif. Skill komunikasi yang terus dilatih dapat membantu seseorang dalam berkarir untuk menunjukkan sisi yang lebih baik dalam pekerjaan. Tanpa komunikasi yang baik, sebuah ide yang besar tidak akan diketahui oleh orang lain, dan berakhir kurang bermanfaat. 

Hal Apa yang Harus Diperhatikan dalam Komunikasi?

1. Jelas

Salah satu hal yang penting dalam komunikasi adalah memastikan bahwa tujuan dari pesan yang akan disampaikan sudah jelas. Pesan yang disampaikan harus mudah dipahami oleh penerima pesan atau lawan bicara.

2. Ringkas

Menyampaikan pesan secara ringkas adalah salah satu cara berkomunikasi yang efektif. Berkomunikasi dengan panjang lebar tetapi intinya hanya sedikit hanya akan membuang waktu dan komunikasi tidak berjalan efektif. 

3. Benar

Pesan harus disampaikan secara benar, tidak ditambah ataupun dikurangi sehingga tidak terjadi kesalahpahaman. Selain itu, jika pesan disampaikan melalui komunikasi nonverbal atau tepatnya menggunakan tulisan, harus dipastikan bahwa tata bahasa yang digunakan sudah benar. Memberikan informasi yang tidak benar dapat membuat orang lain memberikan impresi buruk. 

4. Lengkap

Berkomunikasi secara efektif berarti harus mencakup segala sesuatu yang membuat pesan lebih kredibel dan bermanfaat. Pesan dengan informasi yang hilang dapat menimbulkan kesalahpahaman dan menghambat proses pengambilan keputusan.

5. Kongkrit

Maksud konkrit adalah informasi harus berdasarkan dengan fakta. Kekonkritan dalam komunikasi mengindikasikan kepercayaan ketika menyampaikan pesan dan membagikan informasi kepada orang lain. 

6. Sopan

Ketika menyampaikan pesan, seseorang harus menghormati pendengar atau lawan bicara dan mengapresiasi mereka atas ketersediaannya meluangkan waktu untuk mendengar atau membaca pesan. 

7. Koheren

Koheren berarti informasi harus berhubungan satu sama lain. Informasi harus logis dan konsisten, misalnya konsisten dalam penggunaan bahasa. Hal ini bertujuan agar penerima informasi dapat menerima informasi dengan mudah. 

Seseorang hendaknya dapat menerapkan tujuh hal seperti yang telah dijelaskan di atas dalam berkomunikasi, terutama untuk karir. Komunikasi yang baik sangat penting dalam dunia kerja. Berikut adalah studi tentang pentingnya skill komunikasi:

1. Komunikator yang Baik Mempunyai Self-Esteem Lebih Tinggi

Menurut sebuah artikel berjudul “Self-Esteem and Effective Communication Skills” yang diterbitkan oleh Livestrong, penelitian menunjukkan bahwa orang yang merupakan komunikator yang baik juga cenderung lebih ekstrover. Artikel tersebut mengatakan sebuah penelitian tahun 2001 yang diterbitkan dalam "Journal of Research in Personality mengatakan," orang ekstrover cenderung memiliki self-esteem yang lebih tinggi. Keterbukaan dapat mempermudah orang untuk mendekati orang asing, berbicara dalam kelompok besar, dan tampil ramah. 

2. Semakin baik skill komunikasi seseorang maka semakin banyak uang yang akan diterima

Survei yang dilakukan pada tahun 1988 oleh D.B. menjelaskan bahwa keterampilan yang paling dihargai di "pasar kerja kontemporer" adalah keterampilan komunikasi. Studi tersebut mensurvei 1.000 manajer personalia dan sampai pada kesimpulan ini.

Informasi ini menunjukkan bahwa keterampilan terbaik yang dapat diinvestasikan dalam diri adalah skill komunikasi yang kuat. Jika seseorang dapat berkomunikasi dengan sangat efektif, maka akan mendapatkan pekerjaan yang akan menghasilkan uang lebih banyak.

3. Keterampilan Paling Penting Untuk Orang yang Memasuki Dunia Kerja

Jurnal Komunikasi Bisnis Internasional menerbitkan sebuah studi di mana 354 manajer diminta untuk menilai ketidakmampuan saat merekrut lulusan perguruan tinggi baru. Temuan studi menunjukkan bahwa kualitas yang paling diinginkan dalam perekrutan baru adalah keterampilan komunikasi yang efektif. Sayangnya, ini juga merupakan ketidakmampuan nomor satu dalam daftar, diikuti oleh kurangnya keterampilan memecahkan masalah dan motivasi diri.

Manusia tidak akan lepas dari komunikasi, baik secara verbal maupun nonverbal. Untuk mencapai suatu pencapaian besar, diperlukan komunikasi yang baik, termasuk dalam dunia kerja. Ide-ide besar di dalam kepala dapat diimplementasikan menjadi karya atau tindakan nyata melalui komunikasi. Dengan langkah-langkah komunikasi yang baik dan benar, seseorang dapat menyampaikan informasi yang dapat dipahami oleh orang lain baik dari maksud maupun tujuan. Maka dari itu, kembangkan skill komunikasi sejak sekarang dengan terus berlatih agar peluang karir yang baik di depan siap menanti.

Untuk kalian yang sedang mencari pekerjaan, Eduwork.id dapat menjadi solusinya. Kalian dapat dibimbing dan ditemani untuk mendapat pekerjaan impian oleh mentor-mentor professional Eduwork.id. Wah, menarik bukan? Gabung dengan Eduowork.id sekarang, temukan mentor kalian, dan raih pekerjaan impian!