Pahami Lebih Jauh Content Marketing yang Dapat Dimanfaatkan untuk Meningkatkan Bisnis Anda!

Content marketing adalah strategi pemasaran mulai dari merencanakan, membuat, dan mendistribusikan konten yang mampu menarik audiens yang tepat sasaran.

Unamed

Senin, 12 Juli 2021, 2 tahun yang lalu

Pahami Lebih Jauh Content Marketing yang Dapat Dimanfaatkan untuk Meningkatkan Bisnis Anda!

Content marketing adalah strategi pemasaran mulai dari merencanakan, membuat, dan mendistribusikan konten yang mampu menarik audiens yang tepat sasaran. Content marketing dapat bertujuan untuk menarik audiens agar mengenal suatu bisnis dan mempengaruhi audiens untuk menggunakan produk atau jasa suatu bisnis. 

Hasil dari content marketing dapat berupa tulisan, gambar, audio, video, dan sebagainya. Sebagai contoh, ketika seseorang memulai bisnis dan menggunakan platform instagram untuk memperkenalkan bisnis tersebut, seseorang harus membuat content untuk mengisi feeds pada instagram. Content dapat berupa foto atau video yang dikemas secara menarik untuk memperkenalkan bisnis dengan padat dan jelas. Tanpa content marketing, tidak akan ada pesan yang tersampaikan kepada audiens. 

Lantas, apa saja bentuk content yang dapat digunakan untuk meningkatkan brand awareness suatu produk atau jasa? Eduwork.id akan membagikan konten yang dapat dimanfaatkan untuk memperkenalkan suatu produk atau jasa. Berikut adalah lima bentuk content yang dapat digunakan:

1. Email

Seorang pebisnis hendaknya memahami email untuk penggunaan pemasaran. Efektivitas email untuk tujuan marketing 40 kali lipat lebih tinggi dibanding facebook dan twitter. Bentuk konten dalam email marketing bermacam-macam, mulai dari email promosi, email pengingat shopping cart, newsletter, dan lain sebagainya. Melalui email, hubungan dengan pelanggan juga dapat terjaga dan brand diharapkan akan lebih dikenal oleh audiens. 

2. Website atau Blog

Website atau blog dapat diisi dengan tulisan yang bermanfaat sesuai dengan target audiens. Pastikan tulisan atau artikel di website atau blog dapat mudah dipahami oleh pembaca dan tampilan juga enak untuk dilihat agar pembaca nyaman dan betah berada pada website atau blog. 

3. Media Sosial

Dewasa in, hampir semua orang, terutama generasi muda, menggunakan media sosial untuk berjejaring. Melansir dari Kompas.com, Dalam laporan berjudul Digital 2021: The Latest Insights Into The State of Digital, disebutkan bahwa dari total 274,9 juta penduduk di Indonesia, 170 juta di antaranya telah menggunakan media sosial. Hal tersebut menunjukkan masifnya penggunaan media sosial di Indonesia. Melihat hal tersebut, media sosial adalah hal yang dapat dikatakan efektif untuk menyebarkan content marketing. Tetapi, karena media sosial mempunyai cakupan yang luas, terdapat cabang social media marketing dalam dunia marketing.

4. Video

Video merupakan salah satu content yang hendaknya diperhatikan dalam content marketing. Menurut penelitian iMPACT, video meningkatkan organic traffic sebanyak 157 persen. Video dapat membuat orang betah lebih lama berada pada suatu halaman blog atau website. Semakin lama waktu yang dihabiskan pengunjung pada blog atau website maka akan semakin baik penilaian blog atau website tersebut. 

Video juga dapat diunggah pada platform seperti youtube. Dengan video yang menarik dapat membuat audiens ingin tahu lebih dalam dan mencoba produk atau jasa yang ditawarkan. Konten video juga harus dikemas secara kreatif, inovatif, dan tentunya dengan nilai yang dapat bermanfaat bagi orang lain.

5. Podcast

Podcast merupakan content marketing yang menggunakan audio. Saat ini banyak platform untuk mengunggah podcast, contohnya anchor, google podcast, atau spotify. Pastikan hal yang dibicarakan melalui podcast berhubungan dengan produk atau jasa yang ditawarkan dan sesuai dengan target audiens. Tetapi, isi pembicaraannya hendaknya mengikuti perkembangan trend yang ada agar banyak orang yang tertarik.

Itulah bentuk content marketing yang dapat digunakan. Content marketing sangat penting untuk suatu bisnis. Content marketing dapat bermanfaat untuk investasi jangka panjang, meningkatkan brand awareness, meningkatkan traffic, mendapatkan kepercayaan pelanggan, dan pastinya meningkatkan penjualan produk atau jasa. Tanpa content marketing, maka pesan tidak akan tersampaikan kepada audiens. 

Marketing memegang peran penting dalam sebuah perusahaan. Ingin menjadi bagian dari tim marketing? Eduwork.id dapat membantu kamu untuk meraih posisi yang kamu inginkan di dunia kerja dengan cara mempertemukanmu dengan mentor yang siap menemani dan membimbing kamu dalam mengasah skill hingga mendapatkan pekerjaan. Wah, menarik bukan? Gabung dengan Eduwork.id sekarang, temukan mentor pilihanmu, dan raih pekerjaan impianmu!