SEO dan SEM :Kegunaan dan Perbedaannya dalam dunia Marketing

SEO dan SEM merupakan strategi pemasaran yang sama sama memiliki tujuan untuk meningkatkan trafik sebuah website.

Ichlas Firmansyah

Kamis, 3 Juni 2021, 2 tahun yang lalu

SEO dan SEM :Kegunaan dan Perbedaannya dalam dunia Marketing

Saat ini dunia marketing sangatlah luas, banyak strategi yang dapat diaplikasikan bagi setiap perusahaan baik secara online maupun offline. 

Website adalah salah satu tool yang digunakan dalam dunia marketing, banyak perusahaan menggunakan website sebagai tempat untuk mengarahkan trafik yang relevan ke website tersebut. 

Targetnya adalah menarik calon customer yang mungkin tertarik dengan salah satu produk atau layanan yang ditawarkan oleh perusahaan. Semakin banyak trafik yang ada ke website anda berarti akan lebih banyak peluang untuk menempatkan nilai perusahaan anda di depan calon pelanggan.

Namun, untuk memiliki banyak trafik tentu tidak mudah, ada hal yang perlu dilakukan. Seperti yang kita tahu, untuk memiliki trafik yang banyak, website yang kita miliki perlu berada di posisi atas pada search engine.

Hal ini dibutuhkan sebuah rencana optimasi atau yang biasa kita sebut SEO (Search Engine Optimization), tidak hanya SEO namun ada juga SEM (Search Engine Marketing). Kedua hal ini memiliki kesamaan tujuan yaitu untuk menempatkan website di posisi teratas, namun ada perbedaan yang sangat berbeda satu sama lain.

Apa itu SEO (Search Engine Optimization)?

SEO atau Search Engine Optimization adalah sebuah upaya yang diharapkan mampu memberikan trafik tinggi pada sebuah website secara organik atau free.

Namun dalam pengaplikasiannya SEO tidak begitu mudah jika kita tidak mengerti sistematis dari search engine yang kita gunakan, karena setiap search engine memiliki beberapa aturan sendiri dalam menerapkan SEO.

SEO memiliki banyak taktik dalam pengaplikasiannya pada website, namun, secara umum SEO ini dibagi menjadi 2 jenis yaitu, SEO On-page dan Off-page.

SEO On-Page adalah taktik SEO yang berfokuskan kepada apa yang ada di dalam website atau konten itu sendiri.

Sedangkan SEO Off-page adalah taktik SEO yang berfokuskan kepada apa yang ada di luar website atau konten.

Apa itu SEM (Search Engine Marketing)?

Berbeda dengan SEO, SEM atau Search Engine Marketing adalah sebuah upaya yang mampu memberikan trafik tinggi pada sebuah website secara berbayar.

Pada Search Engine, SEM dapat dengan mudah dilihat contohnya seperti ini

Jika sebuah website menggunakan strategi SEM, biasanya pada hasil pencarian Search Engine akan muncul tanda Ad disamping link website tersebut.

Perbedaan SEO dan SEM

Meskipun memiliki tujuan yang sama, namun dalam pengaplikasiannya SEO dan SEM memiliki banyak perbedaan.

1. SEO tidak berbayar, SEM berbayar

SEO adalah salah satu channel organic marketing, dimana dalam pengaplikasiannya SEO tidak memerlukan biaya sama sekali.

Sedangkan SEM adalah salah satu channel paid marketing, dimana dalam pengaplikasianny SEM memerlukan biaya untuk pengoptimasiannya, SEM biasa juga disebut dengan PPC (Pay Per Click)

2. Perbedaan tampilan pada Search Engine

Tampilan keduanya memiliki perbedaan pada hasil pencarian search engine. SEM memiliki tanda AD disamping link website, sehingga dapat menandakan bahwa link tersebut menggunakan SEM untuk berada di posisi teratas hasil pencarian search engine.

Berbeda dengan SEM, SEO tidak memiliki tanda AD disamping link website, karena SEO untuk menempati posisi teratas pada hasil pencarian search engine, teknik ini tidak mengeluarkan biaya dan dilakukan secara organik.

3. Pemilihan Target Audience

Dalam hal pemilihan target audience, SEM memiliki keunggulan dibanding dengan SEO. Jika menggunakan SEM, hasil pencarian dapat dipilih untuk ditampilkan pada target audience tertentu berdasarkan demografis, usia, dan lain lain. Sedangkan SEO tidak bisa.

4. Jangka waktu hasil pengaplikasian

Jangka waktu hasil yang dapat terlihat dari pengaplikasian keduanya sangat berbeda. SEM meskipun tidak langsung dapat ditampilkan saat memasang nya, namun prosesnya dapat lebih cepat dari SEO.

Sedangkan SEO perlu beberapa waktu lama untuk bisa muncul di halaman pertama hasil pencarian search engine.

Karena kedua hal tersebut, SEM lebih cocok untuk digunakan dalam jagka pendek, sedangkan SEO lebih cocok untuk digunakan dalam jangka panjang.

Kesimpulannya SEO dan SEM memang terlihat sama namun dalam hasil dan pelaksanaannya sangat berbeda. Tidak setiap orang memiliki kesabaran yang cukup untuk menggunakan SEO, namun, tidak setiap orang juga memiliki modal yang cukup untuk menggunakan SEM.

Jika kamu memiliki keinginan untuk belajar lebih jauh mengenai SEO dan SEM, kamu bisa mencari melalui google atau mengikuti pelatihan atau mentoring skill. Saat ini sudah banyak tempat pelatihan atau mentoring skill untuk persiapan dunia kerja, seperti Eduwork.id

Eduwork.id merupakan sebuah platform dimana mampu membantu kamu untuk mendapatkan pekerjaan idaman, dengan cara di bimbing oleh seorang mentor yang akan menjadi teman seperjuangan dalam belajar dan berkarir. terdapat banyak kelas yang ditawarkan oleh Eduwork.id.


Untuk info lebih lanjut mengenai Eduwork.id kamu bisa kunjungi website eduwork.id atau kunjungi akun instagram @eduwork.id, jadi tunggu apalagi? Daftar sekarang dan gapai karir impianmu bersama Eduwork.id.