Pentingnya Seorang Mentor Dalam Perjalanan Pengembangan Karir

Dalam perjalanan pengembangan karir setiap individu memerlukan seorang mentor yang berpengalaman untuk membantu mereka dan memberikan masukan tentang langkah perjalanan pengembangan karir.

Ichlas Firmansyah

Kamis, 3 Juni 2021, 2 tahun yang lalu

Pentingnya Seorang Mentor Dalam Perjalanan Pengembangan Karir

Dalam perjalanan pengembangan karir,setiap individu pasti akan mengalami rasa keraguan dan ketakutan tentang pilihan karir yang mereka pilih. Terlebih untuk para pemula yang baru akan memulai karirnya di bidang masing masing. Baik dari kebingungan untuk memulai persiapan karir dari mana hingga ketakutan akan masalah apa yang bisa jadi terjadi di masa depan menjadi sebuah ketakutan bagi para individu yang ingin memulai perjalanan karir nya

Memiliki seorang mentor mampu memberikan kemudahan bagi setiap individu dalam perjalanan karir mereka misalnya

  1. Memberitahukan tentang pengetahuan atau insight baru mengenai keterampilan apa yang bisa membantu dalam melakukan pekerjaan agar lebih baik dan memberitahu bagaimana cara mempelajari keterampilan tersebut. 
  2. Memberikan pendapat saat individu tersebut menghadapi sebuah situasi rumit yang biasa dijumpai di tempat kerja. 
  3. Bantuan berupa perluasan networking dengan orang orang profesional di bidangnya
  4. Kesempatan atau peluang kerja baru dimana informasinya hanya orang orang tertentu yang mengetahui.

Setelah mengetahui tentang apa saja benefit dari memiliki seorang mentor, anda mungkin ingin mencari seorang mentor sesegera mungkin. Meskipun seorang mentor bisa kapan saja dibutuhkan oleh setiap individu, biasanya di awal bangku perkuliahan sudah mulai banyak orang yang mulai mencari seorang mentor untuk membantu memberikan arahan mengenai dunia perkuliahan. Namun, mencari seorang mentor itu tidak mudah, tidak semua orang mau berkenan untuk menjadi seorang mentor karena mereka merasa masih kurang berpengalaman untuk menjadi seorang mentor ataupun takut merasa terbebani saat menjadi mentor.

Tapi saat ini sudah banyak platform platform yang menyediakan fasilitas mentoring dengan mentor yang berkualitas dan ahli di bidangnya dan yang pasti sangat dibutuhkan oleh individu yang baru memulai perjalanan karirnya, individu yang ingin melakukan career shifting atau bahkan seorang mahasiswa perguruan tinggi. Berikut beberapa rekomendasi platform yang menyediakan fasilitas mentoring untuk individu yang ingin mengembangkan karir nya

1. Internnet.id

Internnet merupakan platform yang menyediakan fasilitas networking, knowledge sharing, dan career mentoring dimana dikhususkan untuk mahasiswa yang memiliki rencana mengembangkan karir di bidang FMCG, startup, banking, maupun consulting.

2. Opportunist

Opprtunest adalah startup yang berbasis online berfokus pada pengembangan soft-skill pelajar di Indonesia

3. Eduwork.id

Eduwork.id adalah platform mentoring pertama yang memberikan kebebasan untuk anda belajar skill sesuai minatmu, tidak hanya itu eduwork juga memberikan kebebasan bagi pendaftar untuk memilih mentornya sendiri yang pastinya siap menemani kamu sampai bisa, bukan hanya didampingi saat belajar namun saat kamu kerja nanti pun mentor tersebut masih bisa mendampingi kamu. Biaya? Tidak perlu khawatir di Eduwork kamu bisa belajar dulu bayar nya nanti saat kamu sudah mendapatkan pekerjaan melalui Program ISA (Income Share Agreement).

Itulah beberapa rekomendasi platform yang menyediakan fasilitas mentoring. Fasilitas yang diberikan cukup menarik dan yang pasti menguntungkan seperti Program ISA (Income Share Agreement) yang ada di Eduwork.id yang dimana cocok untuk anda yang ingin mengembangkan skill untuk karir masa depanmu namun tidak memiliki biaya, karena dengan Program ISA kamu bisa langsung belajar tanpa ada biaya apapun diawal. Jadi yuk mulai kembangkan skill dan karirmu untuk masa depan yang sukses dengan mendaftarkan dirimu segera di Eduwork.id.