Apa itu UX/UI Design dan Alasan Meningkatnya Peminat Bidang UX/UI Design

UI/UX Design telah menjadi pilihan karir yang sangat diminati saat ini karena prospek pekerjaan ini sangatlah menjanjikan untuk masa panjang.

Ichlas Firmansyah

Kamis, 3 Juni 2021, 2 tahun yang lalu

Apa itu UX/UI Design dan Alasan Meningkatnya Peminat Bidang UX/UI Design

UX dan UI Design sebenarnya adalah dua hal yang berbeda namun tidak dapat dipisahkan satu sama lain. UI design adalah dimana kita sebagai designer bertanggung jawab dalam mendesain interface untuk seluruh perangkat lunak seperti laptop dan handphone, UI design sangatlah penting dalam mengatur semua elemen visual dari item item yang akan ditampilkan di aplikasi atau website sehingga mampu terlihat menarik, mengatur baik dari warna, tata letak dan bentuk item atau tombol, dan juga mengatur font baik besar kecil maupun jenis font apa yang ingin digunakan. Intinya UI design memiliki tugas utama dalam hal visual sehingga pengguna mampu menikmati tampilan yang dibuat.

Sedangkan UX design memiliki tanggung jawab dalam mendesain produk dengan mengutamakan pengalaman konsumen dalam penggunaan aplikasi atau website dengan cara melakukan pendekatan dengan konsumen, dengan tujuan menciptakan dan meningkatkan kepuasan dan kenyamanan pengalaman konsumen dalam mengakses aplikasi maupun website. Komponen yang perlu diperhatikan oleh seorang UX designer adalah fitur fitur yang digunakan, tampilan atau struktur dari design, visual, dan seluruh komponen interaksi konsumen lainnya. Semua nya perlu diperhatikan seorang UX designer sehingga mereka mampu mengetahui apakah tampilan sudah nyaman untuk digunakan, proses penggunaan sudah nyaman atau belum, apakah ada kendala dalam proses penggunaannya dan lain lain.

Alasan mengapa UX/UI design menjadi karir yang sangat diminati

Pada masa perkembangan teknologi dan serba digital ini, semakin banyak perusahaan di Indonesia yang beralih ke dunia digital dan semakin banyak startup baru yang bermunculan baik dari marketplace, e-commerce, fintech, dan masih banyak lagi. Karena hal itu sudah menjadi kewajaran bahwa setiap perusahaan ingin memiliki aplikasi dan website mereka sendiri, maka dari itu banyak perusahaan yang mulai mencari tenaga kerja ahli di bidang ux/ui design yang dimana diharapkan mampu membantu mereka dalam pembuatan tampilan sebuah aplikasi maupun website.

Skill yang dibutuhkan untuk menjadi UX/UI designer

Tentunya skill yang dibutuhkan seorang designer adalah menguasai tools design seperti Figma, Adobe Indesign, Adobe Illustrator, Photoshop. Selain itu seorang UX/UI designer juga perlu memiliki skill copywriting yang baik, karena tidak hanya melalui design namun penulisan yang menarik juga diperlukan sehingga pesan yang disampaikan mampu dimengerti oleh pengguna. Karena ux/ui designer memiliki tujuan memberikan kenyamanan dalam penggunaan aplikasi terhadap penggunanya, maka seorang ux/ui designer perlu memiliki skill riset dan analisis untuk mengetahui apa yang diinginkan pengguna dalam pengalaman menggunakan aplikasi nantinya. Menjadi seorang yang adaptif juga diperlukan, karena semakin berkembangnya teknologi semakin banyak tools yang dipergunakan di masa mendatang yang mengharuskan seorang ux/ui designer perlu belajar dan menguasai tools itu, jika seorang designer adalah seorang yang adaptif maka hal tersebut tidak akan menjadi masalah di kemudian harinya.

Tips menjadi seorang ux/ui designer

Untuk mampu menjadi seorang ux/ui designer yang mahir, belajar adalah sebuah keharusan untuk mengasah skill agar siap menjadi ux/ui designer yang mahir.

1. Mengasah kemampuan atau skill yang relevan

Seperti yang sudah kita ketahui untuk menjadi ux/ui designer memiliki skill analisis dan riset adalah sebuah keharusan dimana skill ini sangat dibutuhkan dalam mendapatkan informasi mengenai apa yang diinginkan oleh pengguna pada aplikasi.

2. Latihan menggunakan tools ux/ui

Selain skill riset dan analisis, kemampuan penggunaan tools juga sangat penting untuk dilatih, bisa dengan mencoba mempraktekkan skill yang dimiliki dan lihat apakah ada yang perlu dilatih lagi atau masih ada beberapa hal yang perlu dipelajari, sehingga kita dapat mengetahui sudah sejauh mana tingkat pemahaman kita mengenai tools tersebut. 

3. Melakukan Project

Bagi seorang pemula, melakukan sebuah project bisa menjadi sebuah batu loncatan untuk berkarir. Karena sebagai pemula tentu kita belum memiliki pengalaman apapun di dunia ux/ui, maka dari itu buatlah project dengan designer lain atau developer lain atau mungkin bisa membuat project sendiri, sehingga kita bisa memiliki portofolio sebagai bukti bahwa kita memiliki skill di bidang ux/ui design.

4. Belajar lebih mendalam mengenai ux/ui design

Jika kamu seorang pemula maka belajar mengenai fundamental ux/ui design sangat penting untuk dipelajari. Untuk mempelajarinya melalui internet, jika mampu belajar secara mandiri seperti melalui google atau youtube. Namun jika butuh seorang mentor untuk membantu agar lebih mudah memahami ux/ui design maka mengikuti kelas online adalah jalan terbaik, seperti eduwork. 


Eduwork menawarkan pelatihan skill yang akan berguna di dunia kerja salah satunya adalah ux/ui design, selain itu eduwork juga memiliki fasilitas memilih seorang mentor untuk membimbing dalam perjalanan mengasah pengetahuan dan skill, tidak hanya saat belajar, saat sudah bekerja pun mentor akan tetap bisa mendampingi, dan yang lebih menariknya lagi di Eduwork terdapat Program ISA (Income Share Agreement) yang dimana untuk biaya bisa dibayarkan nanti setelah kita sudah memiliki penghasilan. Jadi jika ingin menjadi ux/ui designer jangan ragu untuk memilih Eduwork dan mulai asah skillmu disini. Untuk informasi lebih lanjut tentang Eduwork cek website eduwork.id atau follow akun instagram Eduwork.id.